Pentingnya Pemilihan Warna Dalam Desain Grafis

0
356

abstract_colorful_watercolor_texture_by_love_kay-d78zxhg

Assalamualaikum, kali ini saya akan memberi tahu kalian apa pentingnya pemilihan warna dalam desain grafis. Warna yaitu salah satu elemen yang sangat penting dalam desain grafis. Dalam seni rupa, Warna adalah perwakilan emosi yang terdapat dari sebuah karya. sehingga karya tersebut mudah diterima dan dicerna oleh Orang yang melihatnya. Dan warna terbagi menjadi 2 unsur. Yaitu CMYK dan RGB Kalian bisa mengkombinasikan warna warna tersebut untuk menghasilkan karya yang lebih bagus. Ketika merancang sebuah karya. kita selalu kesulitan untuk mencari warna yang pas atau cocok dengan tema yang kita buat, Terutama bagi kalian yang baru belajar tentang pewarnaan. Berikut ini adalah tips pemilihan warna :

  1. Siapkan tema yang ingin kalian buat, entah itu bertemakan klasik, natural, modern, atau yang lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan yang kalian inginkan.
  2. Cari gambar atau foto yang sesuai dengan tema yang kalian ambil. bisa hasil jepretan foto kalian, atau dengan mencari gambar lainnya di internet.

  3. Ambil beberapa sample atau contoh warna dari foto yang kalian pilih.

  4. Susun dengan software desain yang ingin kalian pakai yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan software tersebut.

  5. Gunakan warna warna tersebut untuk desain yang kalian buat.

  6. Coba beberapa alternatif untuk pemilihan komposisi warna

Note : Gunakan warna gelap sebagai backgrountumblr_m2h3viktru1r2pghio1_1280-776x415d, dan gunakan warna terang sebagai bagian depan. jangan sesekali mengabungkan warna gelap dengan warna gelap dan sebaliknya jangan menggabungkan warna terang dengan warna terang. itu akan menjadikan warna menjadi Full Contras.
Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb

 

sumber : Internet

Leave a Reply