Penomoran Halaman Pada InDesign

0
146

Salah satu hal penting yang  perlu di perhatikan dalam indesign  adalah penomoran, terlebih jika menyangkut desain layout buku, majalah, koran, dsb. Tentu diperlukan yang namanya penomoran halaman.

Nah pada indesign, pada dasarnya penomoran halaman itu udah otomatis, alias setiap halaman sudah punya nomor sendiri. lihat gambar di bawah ini

Nah, so… bagaimana caranya bikin atau munculin nomor halaman di lembar kerja indesign? ini nih caranya.

  1. Silahkan masuk ke pages, kemudian klik pada Master (bisa master A, master B, atau master C, terserah kamu dah.. master mana yang mau diberi nomor halaman). Halaman master ini mengatur semua halaman indesign, halaman master bagian kiri mengatur halaman genap (2,4,6,8,…dst), sedangkan master bagian kanan mengatur halaman yg ganjil (1,3,5,7,…dst)

  1. Pada Halaman master ini, silahkan buat layer text, tuliskan kata terserah, kemudian blok tulisan tersebut, lalu tekan ctrl+alt+shift+N, atau bisa juga melalui Insert Special Character > Markers > Current Page Number maka otomatis layer text tadi akan berubah menjadi huruf A (bila di master B, maka akan berubah menjadi huruf B, dan seterusnya)

  1. Letakkan layer text tadi pada posisi dimana kamu ingin meletakkan nomor halaman. Biasanya di posisi bawah. Copy layer text tadi dan paste-kan juga di master sebelah kanan dengan posisi yang sama.

  1. Jika sudah, silahkan klik pada pages biasa, maka otomatis penomoran akan muncul pada semua lembar pages. Untuk mengganti warna text halaman, ukuran, jenis font, bisa diatur kembali pada master pages yang tadi udah kamu buat.

Nah, sampai disini, kamu sudah berhasil membuat penomoran halaman pada Indesign. kalau masih ada yang ndak mudeng, silahkan hubungi saya di kontak.

 

Sumber: internet

Leave a Reply