Pengertian vector bitmap dan vexel

Dalam dunia Tekhnologi atau lebih khususnya dalam dunia Desain Grafis, sering kita dengar  istilah  Vector, Bitmap dan Vexel. Namun apakah Vector, bitmap, dan vexel itu??

Nah berikut saya akan sedikit menjelaskan tentang ketiganya.

VECTOR

Image by DevianArt

Merupakan gambar yang terbentuk dari beberapa garis dan curva. Yang dimana kualitas gambarnya itu sangat baik, sehingga jikalua di zoom sebesar apapun gambar tersebut tidak pecah atau kabur. Karena gambar Vector ini tidak terdiri dari beberapa titik Pixel yang mana jika di zoom akan terlihat kabur bahkan hingga pecah.

Adapun beberapa aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat vector oleh kebanyakan Para Desainer grafis di dunia, yaitu adalah : Corel Draw, Freehand , Adobe Illustrator. Adapun contoh file hasil Vector adalah : Wmf, swf, cdr, dan ai. Dan ada juga beberapa hasil desain yang sebagian besar mengandung unsur Vector Diantaranya yaitu : logo, Animasi, Ilustrasi, dsb.

Namun saat ini yang sedang viral adalah pembuatan Vector wajah yang biasa di buat orang untuk sekedar mengekspresikan diri, atau bahkan untuk dijadikan hadiah kepada orang lain, seperti kado ulang tahun, pernikahan, dsb.

Image by DevianArt
Image by DevianArt

 

BITMAP

 

Adalah Gambar yang terbentuk dari beberapa titik  pixel yang berangkai dan saling berhubunngan sehingga membentuk sebuah gambar yang yang jelas. Semakin rapat atau semakin banyaknya pixel maka kualitas gambar akan semakin baik.

Namun sebaliknya, semakin longgar atau semakin sedikitnya pixel maka kualitas gambar akan semakin memburuk, sehingga jika gambar tersebut di zoom dalam ukuran besar, maka gambar tersebut akan semakin kabur dan pecah. Ukuran file yang dihasilkan dari format ini Cenderung besar. Contoh file Bitmap diantaranya adalah : bmp, jpg, jpeg, dan gif.

Dalam format ini terdapat dua istilah penting, yaitu Resolusi dan Intensitas. Resolusi : merupakan suatu hal yang terdapat dalam format bitmap yang mempengaruhi ketajaman dan detail file bitmap itu tersendiri. Biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).

Intensitas (Kedalaman warna) : yang akan menentukan baik buruknya atau kualitas suatu gambar secara menyeluruh. Biasanya dikenal dengan istilah 256 warna, hight color, true color, gradasi , Grayscale (abu-abu), dan hitam putih (Black & White).

 

VEXEL

Image by DevianArt
Image by DevianArt

Merupakan sebuah gambar yang terbentuk dari perpaduan antara bitmap dengan vector. Untuk pengolahannya biasanya menggunakan aplikasi ADOBE PHOTOSHOP. Dan hasil dari vexel ini hampir terlihat mirip dengan VECTOR , namun tetap saja dalam bentuk format bitmap. Namun pada finishing nya akan terlihat lebih halus dan detail, hampir sama dengan foto.

Jadi pada kesimpulannya, VECTOR , BITMAP, DAN VEXEL itu sama saja, yaitu merupakan format yang ada dalam aplikasi yang biasa digunakan dalam dunia Desain grafis Khususnya. Tergantung pemakaian dan kebutuhan kita yang mana seharusnya kita pakai untuk menciptakan suatu karya yang menarik dan Terbaik.

Terimakasih, Semoga bermanfaat

Graphic Designer
Email : hellboytreath28@gmail.com
Fb : Shu Meng Chen
Instagram : Fajar_ilhamy28er