Pengertian Poster

Asalamuallaikum. Kali ini saya akan membahas tentang pengertian poster. secara umum poster merupakan selembaran pengumuman/plakat untuk menyampaikan informasi yang dipasang pada tempat umum atau tempat keramaian yang memungkinkan untuk orang melihat dan membacanya.

Poster merupaka karya seni atau desain grafis yang membuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas yang berukuran besar. poster biasanya ditempelkan pada dinding, atau permukaan yang datar lainnya dengan maksud mencari perhatian mata sekuat mungkin. oleh karena itu, poster biasanya dibuat dengan warna warna kontras.

Dalam poster bahasa yang digunakan yaitu singkat, padat, menarik, dan bersifat mengajak. selain itu dalam penulisan poster, sarat disarankan untuk tidak menggunakan variasi huruf yang banyak agar orang yang membacanya tidak merasa bingung. ukuran font pada poster juga tidak sembarangan membuatnya, kita harus dapat membuat font tersebut terlihat dari jarak 7 sampai 10 meter. dan penggabungan warna tidak terlalu banyak sekitar 4-5 warna saja agar tidak memusingkan mata pembacanya.
Dalam pembuatan poster kita harus memiliki konsep yang akan dipublikasikan pada khalayak umum, memahami inti dan pokok dari tulisan dalam poster tersebut. dan penentuan ukuran poster. poster biasanya berisikan konten 20% teks, 40% grafis, dan sisanya ruang kosong. dan tentukan unsur unsur yang dibutuhkan untuk membuat poster. dibuat dengan menggunakan program grafis pada komputer atau dibuat digambar secara manual kemudian discand atau difoto digital agar terlihat digital. tujuannya untuk mempercepat, mempermudah dan mengurangi biaya cetak.

Poster sebagai media promosi berfungsi untuk menginformasikan kekhalayak ramai dengan berbahasa komunikatif dan dilengkapi dengan gambar yang menarik perhatian. poster memiliki tujuan sebagai iklan suatu produk atau mengumumkan suatu pentas hiburan. poster juga dapat digunakan sebagai pengumuman yang mendidik masyarakat, alat propaganda, atau murni hasil suatu karya seni tanpa maksud tertentu..

gambar-poster-pendidikan-tiada-kata-terlambat-untuk-belajar-392x555

sumber : internet