pengertian poster dalam desain

Secara umum Poster merupakan selebaran pengumuman/plakat untuk menyampaikan informasi yang dipasang di tempat umum atau tempat yang dapat dibaca khalayak umum.

Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasian poster dapat dilakukan dengan menempelkannya di dinding, atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.Oleh karena itu,poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Menjadi identitas poster, antara lain bahasa yang dipakai yaitu singkat, padat, menarik,dan persuasif (bersifat mengajak). Selain itu dalam penulisan poster, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan variasi huruf agar tidak memusingkan orang yang membacanya. Ukuran tulisan pada poster tidak boleh sembarangan, harus dapat dilihat dari jarak 7-10 meter. Kemudian, variasi warna yang digunakan tidak terlalu banyak sekitar 4-5 warna saja agar tidak memusingkan mata pembacanya.

Pembuatan poster diawali denganmenentukan konsep pokok yang akan dipublikasikan pada khalayak umum, memahami intisari dan pernyataan pokok yang akan dituliskan dalam poster, menentukan ukuran poster (poster biasanya berisikan 20% teks, 40% grafis, dan sisanya ruang kosong), dan menentukan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk membuat poster. Desain poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan.

Poster sebagai media promosi berfungsi untuk menginformasikan ke khalayak umum dan berbahasa komunikatif dan dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik. Poster memiliki tujuan komersial sebagai iklan suatu produk atau mengumumkan suatu pentas hiburan. Selain itu, poster juga digunakan sebagai pengumuman yang mendidik bagi masyarakat, alat propaganda, atau murni suatu hasil karya seni tanpa maksud-maksud tersembunyi. Secara garis besar ada tiga jenis poster, sebagai berikut.Poster niaga
Poster niaga yaitu poster yang berfungsi untuk menawarkan barang atau jasa tertentu.
1. Poster kegiatan
Poster kegiatan yaitu poster yang berisi kegiatan atau kejadian penting yang akan dilaksanakan. Misalnya, poster konser musik, pameran lukisan, perlombaan, pertandingan, atau pementasan drama.
2. Poster layanan masyarakat
Poster layanan masyarakat yaitu poster yang berisi pesan,informasi, dan penjelasan yang tujuannya untuk menyadarkan masyarakat tentang suatu hal yang mengangkat.