Pengertian Desain Grafis

    Pengertian Desain Grafis

arti desain grafis
ilmu desain grafis

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object.Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual.

Banyak sekali software-software yang digunakan dalam dunia Desain Grafis diantaranya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Ilustrator dan lain sebagainya. sehingga seorang Desainer Grafis dapat memilih software andalannya dalam mengerjakan project Designnya.

Prinsip dan unsur desain grafis

                Desain grafis juga memiliki prinsip seperti halnya manusia, seseorang dikenal karena prinsipnya, prinsip utama harus ditampilkan dalam sebuah desain grafis sehingga karya tersebut komunikatif, sedangkan unsur yang lainnya ditampilkan sekedar dan tidak mengalahkan unsur utama. Agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang harus dipelajari yaitu unsur dalam desain grafis. Semua unsur tersebut tidak harus dimasukkan sekaligus dalam sebuah karya desain karena ada sebagian desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus diprioritaskan jadi ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur.

Prinsip desain grafis

                Inilah beberapa Prinsip desain grafis :

  1. Kesederhanaan
  2. Keseimbangan
  3. Kesatuan
  4. Penekanan (aksentuasi)
  5. Irama (repetisi)
  6. Proporsi (Proportion)

Unsur desain grafis

                Inilah beberapa unsur dalam desain grafis:

  1. Garis (Line)
  2. Bentuk (Shape)
  3. Tekstur (Texture)
  4. Ruang (Space)
  5. Ukuran (Size)
  6. Warna (Color)

 

Perkembangan Desain Grafis

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media yang bersifat statis atau media cetak, seperti buku, majalah, dan brosur. Perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan tentang desain.Dalam hal ini seorang desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan antara lain yaitu:

  1. Wawasan sains
  2. Wawasan seni
  3. Wawasan Teknologi
  4. Wawasan sosial dan budaya