Pengertian dan Penjelasan Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin, dalam desain grafis, teks juga di anggap gambar. Mengapa bisa begitu ? yah , tak lain tak bukan karna teks juga merupakan hasil abtraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

Oleh karna itulah, terkadang juga kita bisa menikmati sebuah seni visual grafis yang tidak berupa gambar, tapi serangkaian huruf yang di bentuk dengan indah. Saat ini desain grafis lebih dikenal dengan “ desain komunikasi visual “ atau biasa disingkat dengan sebutan dkv.

Di sebut seperti itu karna peran desain grafis dalm mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara sentuhan visual yang sangat kental, seperti : warna, ilustrasi, tipografi, garis dan sebagainya. Bahkan desain grafis sering dikategorikansebagai comerial art karena merupakan paduan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis.

Katanya kompotisi di bidang industri dan jasa , belum lagi ditambah denagn perkembangan informasi dan teknologi yang kayaknya sudah tidak dapat dibendung lagi itu. Mengapa bisa begitu ? alasannya tak lain dan tak bukan, karna jika informasi atau komunikasi persuasif yang disampaikan dalam bentuk biasa saja, oleh karna itu jasa desain grafis sangat diperlukan.

Jadi, bila suatu perusahaan mengeluarkan sebuah iklan untuk majalah, misalnya, akan tetapi desain dan teksnya sangat buruk, tentu akan terkesan bahwa perusahaan tersebut tidak profesional.sebaliknya, sebuah perusahaan skala kecil tapi mampu membuat iklan untuk majalahdengan sangat apik, nyeni, dan mengundang perhatian pembaca , tentu akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan tersebut profesional.
Seperti itulah tugas seorang desainer grafis.

Demikian sepenggalan sedikit mengenai desain grafis, tentu banyak hal secara teori yang dapat menjelaskan apa itu desain grafis namun bagi kita yang ingin dan sedang belajar mau tidak mau harus memulai dari memahami apa itu desain grafis hingga terus belajar dan mencoba segala tehnik desain yg baik.

 

Sumber: internet