Pengertian dan jenis Logo

Mengenal Arti dan Jenis-Jenis Logo

Pengertian Logo

Logo adalah sebuah gambar yang merepresentasikan merek atau bisnis. Tidak ada bisnis, apalagi bisnis besar yang tidak memiliki logo. Logo terbentuk dari kombinasi gambar dan tipografi yang berbeda satu sama lain, dan hampir tidak ada satu logo yang sama di dunia ini.

Saya  yakin bahwa kamu pasti sering melihat beragam bentuk logo setiap harinya. Namun tahukah kamu bahwa penggunaan jenis logo sebaiknya disesuikan dengan profil perusahaan dan bisnis yang dijalankan.

Logo juga mempunyai banyak jenis dan tipenya. Logotype terdiri dari dua kata yaitu logo dan type. Logotype merupakan sebuah huruf atau sebuah plat yang dicetakkan dan memilikimakna. Logotype biasanya dipergunakan pada nama surat kabar atau lambang.

Jenis & Tipe Logo

Pada masa awal perkembangannya, pembagian jenis logo tidaklah serumit sekarang. Awalnya logo hanya berupa bentuk yang tak terucapkan sepertigambar, yang dibuat oleh perajin untuk lambang kerajaan.Seiring dengan berkembangnya zaman, logo tidak hanya digunakan untuk kepentingan kerajaan saja, melainkan untuk memberi tanda pada barang-barang yang dijual di pasar.

Pembagian jenis logo secara sederhana terbagi menjadi dua bagian yaitu Word Marks atau Brand Name yaitu logo yang tersusun dari bentuk terucapkan, serta Device Marks atau Brand Mark yang tersusun dari bentuk tak terucapkan. Bisa pula logo terdiri atas keduanya.

Jenis – jenis Logo

  • Name only logo Adalah logo yang diambil dari sebuah nama, dengan menggunakan gaya

Berdasarkan grafis khusus.

  • Name and symbol logo

Yaitu logo yang terdiri dari nama perusahaan atau produk dengan gaya tipografis yang berkarakter kuat, tersusun atas bentuk-bentuk grafis seperti oval, lingkaran atau kotak.

  • Initial letter logoInitial Letter Logo

Yaitu logo yang menggunakan huruf awal (inisial dari nama prosuk atau perusahaan dan menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut.

  • Allusive Logo

Yang dimaksud dengan allusive logo adalah logo yang bersifat kiasan.

  • Abstract Logo

Yang dimaksud dengan logo jenis ini adalah logo yang dapat menimbulkan beraneka kesan, yang dipengaruhi oleh daya pemahaman konsumen.

Elemen – Elemen pembentuk logo :

  1. Garis
  2. Bentuk
  3. Warna
  4. tipografi

Sumber: Internet