Pengertian dan Cara Menggunakan MockUp

Apa itu MockUp?
Apa itu MockUp

Assalammu’alaykum sobat sekalian, kali ini saya akan menjelaskan tentang MockUp. Mungkin jadi pertanyaan bagi kita semua apalagi kalau kita baru pertama kali belajar desain grafis, apa sih MockUp itu? Buat apa? Terus gimana pakainya ?. Nah, sebagai seorang yang (atau akan) bekarja sebagai desainer grafis profesional, harus tahu apa itu Mock-up dan apa kegunaannya. Karena dengan polesan MockUp ini kita dapat meningkatkan nilai desain yang kita buat kepada user atau konsumen kita, selain itu MockUp in pun menjadi salah satu senjata ampuh bagi para desainer grafis. Ada banyak jenis-jenis mockup, mulai dari T-shirt Mock-up, Logo Mock up, Web design Mockups, Advertising Mock-ups, dll.

Dalam dunia desain grafis, apalagi yang berkaitan dengan percetakan dan pengiklanan. Untuk para penyablon kaos biasanya MockUp itu menjadi senjadi utama. Karena dengan adanya MockUp sendiri dapat menguntungkan dan memudahkan para penjual kaos yang ingin memasarkan ataupun memamerkan barang-barang produksinya meskipun barangnya itu belum selesai pembuatannya.

Tapi, ternyata MockUp sendiri bukan hanya digunakan untuk berjualan kaos saja. Ada juga yang populer juga saat ini adalah Mockups Stationery (perlengkapan kantor) seperti kertas kop dan map sebuah preusahaan yang bisa kita kostumisasi dengan brand perusahaan tersebut. kalau kamu punya ketertarikan pada desain brand, kamu harus punya mockup ini. Begitu juga dengan Mockup logo, tapi untuk desain logo, biasanya para desainer logo lebih senang menampilkan karyanya dengan cara yang flat tanpa mockup.

 

Nah, intinya itu MockUp adalah visualisasi dalam sebuah konsep desain.

Cara menggunakan MockUp

y searching dan download terlebih dahulu mockup yang kamu cari kemudian buka dengan photoshop.. tidak perlu menggunakan photoshop versi paling baru, karena biasanya menggunakan photoshop versi lama seperti cs4 atau cs5 pun sudah bisa. Setelah dibuka biasany di mockup tersebut ada layer dengan judul “logo here” atau “design here” atau “your design here” dll pokokny layer yang judulnya meminta kamu untuk meletakan desainny di layer tsb.. klik layer tsb maka akan terbuka lembar kerja photoshop baru, kemudian taruh desain kamu disitu , jika desein kamu ada background putih hilangkan dahulu background tersebut dan ganti dengan transparan agar hasilnya maksimal, kemudian save, dan buka kembali lembar kerja mockup yang kamu download tadi dan lihat hasilnya.. sekarang desain yang kamu buat nampak realistis.

Cukup sekian dulu guys, lain kali kita jelasin juga tutorialnya,

Wassalammu’alaykum.