Pengertian Dan Arti Dari Sebuah Warna

assalamualaikum. kali ini saya akan membahas tentang arti dalam sebuah warna. yuk langsung saja…
Warna merupakan unsur yang sangat penting dalam dunia desain. Warna berperan penting dalam desain grafis, oleh karenanya kita harus mengertu dan tahu arti dari sebauh warna. jangan sampai kita salah dalam pemilihan warna karna itu akan menjadi kesalahan yang seharusnya tidak terjadi dalam dunia desain.

2

Dalam pelajaran seni, warna dapat berarti sebagai sebuah spektrum yang terdapat dalam sebuah cahaya yang sempurna. Dalam dunia desain, warna bisa diartikan sebagai pantulan tertentu dari sebuah cahaya. Misalnya pencampuran pigmen magenra dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.3Warna dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok yaitu :
1. Warna netral = Yaitu warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau bisa disebut juga warna primer maupun skunder. warna ini merupakan campuran dari tiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.
2. Warna kontras atau komplementer = Warna yang memberi kesan berlawanan antara satu dengan yang lainnya. warna ini bisa didapatkan dari warna yang bersebrangan terdiri atas warna skunder dan warna premier. contoh warna kontras yaitu warna merah dengan warna hijau, kuning dengan ungu, dan biru dengan jingga.
3. Warna panas = yaitu kelompok warna dalam rentang setengah dari lingkaran didalam lingkaran warna mulai daro merah hingga warna kuning. warna ini dijadikan simbol riang, semangat, marah dan sebagainya. warna ini mengesankan jarak yang dekat.
4. Warna dingin = yaitu kelompok warna dari setengah lingkaran didalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. warna ini menjadi simbol kelembutan, kesejukan dan kenyamanan. warna dingin mengesankan jarah yang jauh

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber : Internet