1.Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap

Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat. Dengan demikian semua gambar yang muncul pada layar monitor terdiri atas titik-titik yang mempunyai koordinat.gambar-bitmap-dan-vektor

Desai grafis terdiri atas dua kelompok yaitu Bitmap dan Vektor. Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/ point koordinat. Satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inchi) yang berarti banyaknya titik per inchi.

Beberapa grafis bitmap dapat kamu temui di file komputer, yaitu bmp, jpg, tif, pix, pcx. Biasanya digunakan untuk foto-foto digital.

Program aplikasi yang berbasis bitmap diantaranyaAdobe photoshop, Corel photopaint, Microsoft foto editor, Gimp, dan Adobe fireworks. Selain grafis bitmap ada juga Vektor yang merupakan pengembangan dari Bitmap. Disini tidak tergantung kepada pixel, karena tampilan vektor terdiri dari garis-garis.

2. Macam-macam Program Grafis

Software grafis secara umum dibagi menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor, seperti CorelDraw x5 adalah salah satu yang berbasis vektor, dan juga Adobe Photoshop CS5 salah satu software berbasis bitmap. Berikut ini beberapa contoh software berbasis grafis.

  1. CorelDRAW X5
  2. Corel Photopaint
  3. Adobe Photoshop
  4. Adobe Freehand
  5. Adobe Illustator
  6. Microsoft Photo Editor

3. Keunggulan dan Kelemahan Grafis Vektor dan Bitmap

Keunggulan dari Grafis Vektor adalah file dokumen yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file, adapun kelemahannya adalah pemakaian prosesor yang memakai memori lebih banyak, sehingga komputer lambat laun menjadi lemot. Sedangkan, keunggulan dari grafis Bitmap adalah pemakaian memori lebih kecil dibanding vektor, dan kelemahan dari Bitmap adalah ukuran file lebih besar sehingga membutuhkan memori lebih banyak lagi.

4. Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap

perbedaan antara keduanya terletak pada kualitas gambar yang dihasilkan. Ketika ukuran file dokumen file vektor diperbesar, kualitas gambar tak berubah. Sebaliknya, pada grafis Bitmap, ketika ukuran file diperbesar, kualitas gambar akan menjadi pecah. (diambil dari Buku TIK Sma kelas XII)

Sumber ( Modul TIK SMA Kelas XII _ Artikel )