PENGENALAN CorelDRAW

0
45

CorelDRAW merupakan pengolahan grafis dengan basis vector atau garis, dimana unsur dasar yang mendasarinya adalah garis. Keuntungan dari vector ini adalah gambar akan mempunyai ukuran kapasitas file yang relative kecil apabila dibandingkan dengan pengolah grafis berbasi bitnap. Namun demikian, versi terbarunya sudah menyertakan filter-filter efek pengolah bitmap dalam fungsi tersendiri, yang dapat dipakai untuk manipulasi penataan objek dalam sebuah komposisi gambar yang diinginkan, semuanya terpulang pada kreatifitas dan imajinasi pemakainya.

 

WorkSpace/Area kerja

 

1. Title Bar
Title Bar adalah area yang berisi judul / nama file yang sedang dibuka di CorelDraw.
2. Menu Bar
Menu Bar merupakan area yang berisi menu-menu perintah yang terorganisasi sesuai dengan kategori masing-masing.
3. Toolbar / Standar bar
Toolbar berisi Ikon-ikon yang mempunyai fungsi tertentu dan berfungsi untuk mengakses perintah atau tool tanpa harus melalui menu bar.
4. Property Bar
Adalah bagian yang berisi informasi mengenai tool / perintah yang aktif (Active Tool)  atau sedang kita gunakan.  Isinya pun selalu berubah-ubah sesuai dengan tool yang sedang kita gunakan.
5. Window Control
Adalah sekumpulan tombol yang berfungsi untuk mengatur tampilan jendela CorelDraw atau jendela drawing.
6. Tool Box
Adalah bagian utama CorelDraw yang biasa disebut kotak perkakas/peralatan dimana didalamnya terdapat tool-tool yang digunakan untuk mendesain di CorelDraw. Secara default hanya satu ikon tool saja yang ditampilkan, beberapa tool lainnya tersembunyi didalamnya. Tanda bahwa didalam ikon tool tersebut masih ada tool yang tersembunyi adalah tanda segitiga kecil di sebelah kanan bawah ikon. Cara memunculkan ikon tersebut cukup dengan klik tanda segitiga tersebut atau klik dan tahan pada tool yang ada tanda segitiganya. Secara default letak Toolbox berada di sisi kiri jendela CorelDraw.
7. Drawing Window
Adalah area diluar Drawing Page yang bisa juga digunakan untuk mendesain.
8. Drawing Page
Drawing Page merupakan area lembar kerja berbentuk segiempat yang ukurannya bisa disesuaikan sesuai keinginan. Area ini juga bisa disebut Printable Area karena hanya objek yang berada didalamnya saja yang bisa dicetak, jika suatu objek berada diluar area Drawing Page ini maka tidak akan ikut tercetak dan langsung dipindah ke Master Page secara otomatis.
 
9. Ruler
Ruler merupakan alat bantu berbentuk mirip penggaris yang berfungsi untuk mengukur suatu objek secara pasti dan presisi. secara default Ruler ini sudah tersedia secara Vertikal dan Horizontal ( di bagian atas dan kiri jendela CorelDraw ).
10. Color Palette
Color Palette merupakan bagian yang berisi sekumpulan warna yang bisa digunakan langsung untuk mewarnai objek kurva atau teks dengan cara klik objeknya terlebih dahulu lalu klik warna yang di inginkan.
11. Docker
Merupakan jendela yang berisi perintah dan pengaturan yang relevan dengan alat / tool tertentu.
 
12. Document Navigator
Document Navigator adalah bagian yang berisi tombol untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lainnya, Document Navigator ini berada di pojok kiri bawah Drawing Window.
13. Status Bar
Status Bar berfungsi untuk menampilkan status objek yang sedang aktif dan letak posisi kursor di jendela CorelDraw.
14. Navigator
Navigator adalah tombol yang berada dipojok kanan bawah Drawing Window yang dapat membantu anda untuk bergerak menjelajahi area Drawing Page. Cara menggunakannya cukup dengan klik dan tahan lalu gerakkan sesuai keinginan.
tuanseam.blogspot.co.id/2015/12/area-kerja-coreldraw-dan-bagian.html
terima kasih 🙂

Leave a Reply