Mudahnya Mencetak Pin

Sebelum mencetak pin alangkah baiknya jika kita mengerti dan mengetahui tata cara yang baik dan benar dalam pencetakannya, agar hal/pekerjaan yang kita lakukan tidak berakibat fatal ataupun membuat kerugian bagi orang lain.

Berikut ini Langkah – Langkah mudah dalam pencetakan pin:

  1. Kita harus menyiapkan desain pin yang sudah dicetak.
  2. Pemotongan desain pin, bisa dilakukan dengan alat pemotong desain pin, jika tidak ada, bisa menggunakan gunting, namun hal itu terkadang tidak bisa rapi dalam proses pemotongan.
  3. Setelah desain pin terpotong, siapkan juga bahan-bahan untuk pembuatan pin seperti : lingkaran seng, plastik bening, dan plastik yang telah diberi peniti.
  4. Siapkan alat press pin yang sudah dimasukkan moulding sesuai dengan ukuran pin.
  5. Masukkan bahan seng ke lingkaran moulding sebelah kiri, posisi pin ke atas.
  6. Masukkan juga plastik bening (moulding sebelah kiri) di atas desain gambar.
  7. Geser moulding ke sebelah kanan, press/tekan moulding yang telah berisi bahan seng, desain gambar, dan plastik bening, caranya tekan ke bawah pegangan mesin press (tekan secara perlahan, tahan sebentar, lepas secara perlahan alat press).
  8. Pastikan bahan, desain gambar dan plastiktetap di moulding atas (moulding yang menghadap ke bawah).
  9. Masukkan lingkaran sebelah kanan dengan material/bahan plastik yang sudah diberi peniti. Posisi material jarum peniti menghadap ke bawah pada moulding.
  10. Geser moulding ke kiri. press moulding yang berisi material plastik. caranya tekan ke bawah pegangan mesin press (tekan secara perlahan, tahan sebentar, lepas secara perlahan alat press).
  11. Untuk melihat hasilnya, geser moulding ke kanan.
  12. Pin siap untuk diambil dan digunakan.

Tips : Usahakan saat kita menekan, gagang alat tegak lurus. agar hasil tidak miring, karena hal itu bisa membuat hasil print rusak. Jangan lupa urutan letak dalam menaruh material, agar tidak rusak saat proses pengepresan.

sumber image : google image