Nomor Halaman Otomatis di Indesign

0
185

Tips ini sangat bermanfaat sekali bagi kita yang setiap harinya bergelut dalam bidang pembuatan majalah dan semisalnya. Bisa kita bayangkan, jika dalam pembuatan nomor halaman suatu majalah kita buat secara manual, tentunya sangat membosankan dan membuat lelah juga. Mungkin tulisan ini sedikit membantu kita dalam pengerjaan tugas yang kita kerjakan. Berikut ini langkah – langkah mudahnya:

  1. Pertama yang harus kita lakukan yaitu membuka lembar kerja baru di Indesign
  2. setelah lembar kerja siap kita tentukan dulu berapa halamankah yang akan kita buat, untuk memudahkan kita dalam bekerja. gambar berikut adalah cara mudah untuk menambah halaman baru(yang diberi tanda panah)
  3. Kita membuat nomor halaman otomatis di page Master ( jika seperti gambar diatas yang bernama A-Master).
  4. Kita mulai dari master page kiri dengan cara : buat type tool untuk membuat nomor halaman, kita mulai buat area text di sebelah kiri lalu pilih menu berikut ini :Type > Insert Special Character > Marker > Current Page Number
  5. Setelah proses selesai, kita beralih ke page kanan, kita buat type tool untuk membuat nomor halaman di sebelah kanan letakkan text tool sesuai dengan kebiasaan nomor halaman lalu pilih menu berikut ini :Type > Insert Special Character > Marker > Next Page Number
  6. Edit Page 1 caranya :  page 3 klik kanan > pilih numbering and section options
    setelah di klik maka akan muncul menu berikut ini

    Gantilah opsi tersebut sesuai dengan perintah pilih seperti gambar di atas lalu pilih ok.

Maka akan terlihat pada lembar kerja kita seperti berikut ini

  • Proses telah selesai, Nomor halaman telah terbuat secara otomatis, kita tak perlu membuatnya lagi secara manual. jika kita hendak menambah halaman baru, maka nomor halaman langsung mengikuti secara sendirinya.

Semoga bermanfaat dan membantu memudahkan kita dalam hal pembuatan majalah  yang hendak kita kerjakan.

Terus semangat dan berkaryalah sahabat desain… : )

Leave a Reply