Mudahnya Buat Huruf Besar di Awal Paragraph dalam Indesign

0
185

Assalammualaikum wrwb

Alhamdulillah saya masih diberi kenikmatan dari Allah ta’ala untuk membahas sebuah artikel lagi. Insyaallah disni saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Drop Cap atau huruf besar di awal paragraph pada Indesign

Pasti sudah trau kan dalam surat kabar atau majalah sering kita temukan Drop Cap atau huruf besar di awal paragraph. Drop Cap ini lazing digunakan selain sebagai penghias juga dari sisi artistik.

tutorialindesigncom
Yang pertama sih mudah saja, siapkan paragraph text yang mau dibuat Drop Cap. Setelah itu arahkan kursor pada mouse di awal paragraph. Silahkan pilih menu Paragraph di Panel Bar sebelah kanan, jika tidak ada sila pilih Windows>Type & Tables>Paragraph atau tekan Alt+CTRL+T.

Di menu paragraph ada 8 pengaturan, lalu bagi jadi 4 kira dan kanan, yang digunakan baris terbawah (kiri dan kanan) yaitu Drop Cup Number of Lines dan Drop cup one more character.

Drop Cup Number of LInes berfungsi untuk mengatur jumlah baris huruf yang dipakai untukl Drop Cap, sedangkan Drop Cup One or More Character mengatur jumlah karakter huruf di awal paragraph.

tutorialindesigncom2

Lalu yang terakhir adalah membuat Drop Cap, sila pilih Drop Cup NUmber of LInes dengan baris bisa 2,3,4 atau bebas. Lazimnya 3.

Terimakasih untuk membaca, semoga bermanfaat. Wassalammualaiukum wrwb

Sumber: http://www.tutorialindesign.com/2013/07/cara-membuat-drop-cap-indesign.html

Leave a Reply