Metode Dalam Meningkatkan Skill Desain

Google Search Images

Desainer grafis adalah salah satu profesi yang sangat dinamis dan penuh dengan perubahan. Hal tersebut dikarenakan dunia desain adalah dunia yang identik dengan rotasi tren dan gaya hidup. Setiap saat tren bisa berubah dengan cepat atau lambat, dan para desainer harus dapat menyesuaikan kemampuannya seiring melesatnya laju tren sosial tersebut. Maka dari itu penting bagi anda para desainer grafis untuk selalu melakukan upgrade kemampuan dan pengetahuan secara berkala kalau tidak mau karya anda dibilang kolot!

Terdapat banyak cara atau metode dalam meningkatkan  skill desain dan pengetahuan anda. Memang setiap desainer memiliki ciri khas sendiri dalam melatih kemampuan, tapi setidaknya hal-hal berikut ini dapat mempermudah anda untuk menemukan metode yang tepat.

  1. Koleksi Berbagai Desain

Carilah referensi visual berupa desain-desain klasik, desain poster, brosur, kemasan, dan lain-lain yang anda anggap menarik. Simpan desain tersebut dalam suatu folder dan pelajari art unik dalam desain-desain tersebut sebagai inspirasi anda. Hal ini bukan berarti anda melakukan plagiarism, tapi anda hanya mempelajari karakter desainnya saja dan ambil salah satu part untuk anda modifikasi.

  1. Bergabung dalam komunitas desain yang berbeda

Seorang desainer harus memiliki tolak ukur atau sisi komparasi. Bila anda hanya menjadikan karya anda sebagai patokan maka anda akan sulit berkembang. Tanpa anda ketahui diluar sana terdapat banyak desainer dengan pemikiran visioner dan karya yang belum pernah anda lihat, maka perbanyaklah bertemu orang baru dan ambil ilmu dari mereka.

  1. Travelling

Mengapa travelling? Salah satu cara untuk menciptakan inovasi dan pemikiran baru adalah dengan mengunjungi tempat-tempat baru yang unik. Anda bisa mendapatkan pengalaman visual berupa lanskap yang indah dan baru disana.

  1. Update Tren

Google Trends adalah salah satu tools yang cukup bagus untuk membantu anda dalam mengetahui pergerakan tren lokal maupun internasional. Manfaatkan pula akun media sosial anda seperti Facebook , Twitter, bahkan Path untuk menyerap informasi viral yang sedang diperbincangkan banyak orang. Follow page atau akun yang sering menyajikan fenomena aktual agar anda tidak ketinggalan informasi.

  1. Perbanyak Foto Objek

Setiap berpergian kemanapun jangan lupa membawa kamera poket atau smartphone anda. Setiap anda menemukan suatu benda atau pemandangan yang unik dan penuh nuansa art, maka segera abadikan hal tersebut. Simpan gambar dalam folder khusus dan jadikan objek tersebut sebagai dasar inspirasi anda.

  1. Remake Desain Anda atau Orang lain

Saat waktu luang, tak ada salahnya anda tetap melatih insting kreatif anda dengan cara melakukan redesign logo suatu perusahaan besar atau desain objek lain. Dari kegiatan tersebut anda telah melatih kemampuan anda dalam membuat konsep dan pembaruan dalam desain.

  1. Ikut Workshop

Bukan hanya seminar saja, tapi juga terdapat workshop didalamnya sehingga setelah mendapatkan materi anda juga dapat langsung praktek pada saat itu juga.  Terkadang banyak variasi baru yang dapat kita temukan melalui kegiatan workshop ini

  1. Ciptakan Tren Desain

Poin ini merupakan poin paling sulit namun perlu untuk anda coba. Lakukan eksperimen sebanyak mungkin dan eksplorasi kemampuan anda dalam mengkombinasikan warna dan ciri khas konsep. Seperti Wedha pop art potrait contohnya, dia berhasil mematenkan suatu konsep desain grafis menarik namun simpel secara teknis.