Mengisi Huruf dengan Tulisan Menggunakan Photoshop

0
216

z      Kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengisi huruf dengan tulisan menggunakan perintah dalam photoshop yang disebut work path. Dalam contoh akan ditunjukan cara mengisi tulisan pada huruf L. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat dokumen baru dalam photoshop dengan perintah “File” kemudian “Open” atau menggunakan shortcut Ctrl+N.

2. Isikan nama dokumen, tinggi : 500, lebar : 500, resolution : 300, background content : white. Pengaturan lainnya ikuti default. Kemudian klik OK.

3. Klik icon Horizontal Type Tool pada icon palette atau tekan tombol T pada keyboard. Pada option bar untuk Horizontal Type Tool, atur jenis font : Arial, ukuran font : 72, warna font : hitam.

4. Klik pada dokumen kemudian ketikan huruf L dan klik commit (tanda centang) pada option bar sebagai tanda sudah selesai mengedit. Atur posisi dan ukuran font pada dokumen menggunakan Free Transform dengan menekan shortcut pada keyboard Ctrl+T bersamaan. Setelah selesai mengatur jangan lupa klik commit pada option bar.

5. Dengan kondisi icon Horizontal Type Tool masih di klik, klik kanan pada huruf yang anda tulis kemudian pilih “Create Work Path” pada sub menu yang muncul.

zzGambar: Klik kanan pada huruf kemudian klik Create Work Path.

  1. Langkah berikutnya adalah menghilangkan visibility option dari layer huruf yang kita buat dengan cara mengklik icon mata disebelah kiri layer huruf pada layer palette.

Layer Teks

zzzGambar: Klik gambar mata di sebelah kiri layer L untuk menghilangkan visibility option.

7. Dengan kondisi icon Horizontal Type Tool masih terpilih, atur kembali jenis font, ukuran font yang akan anda isi pada karakter L pada option bar kemudian klik pada dokumen dan mulailah menuliskan teks anda.

zzzzGambar: Tuliskan teks anda pada karakter L yang sudah anda buat.

Untuk mengatur indentasi paragraf, klik icon toggle pada option bar untuk menampilkan menu format karakter lainnya. Akan muncul palette untuk mengatur paragraf lebih lanjut. Silahkan anda atur teks anda menggunakan palette ini. Jangan lupa klik tanda centang (commit) setelah selesai mengedit.

cGambar : icon toggle character pada option bar.

ccGambar: palette untuk pengaturan paragraf lebih lanjut.

cccGambar: Hasil tulisan.

8. Langkah terakhir adalah menyembunyikan garis batas work path yang mengelilingi tulisan kita dengan cara menekan tombol keyboard Ctrl+H secara bersamaan. Selamat mencoba.

Referensi: Adobe Photoshop Help.

Leave a Reply