Menggunakan Mesh Tool di Illustrator

0
185

Dalam Adobe Illustrator, warna gradasi bisa dibuat menggunakan Gradient Mesh Tool (U) dan Gradient Tool (G). Gradient Tool cukup jelas dalam pendekatan untuk menghasilkan gradasi dan pencampuran warna gradasi dan warna halus. Di sisi lain, Gradient Mesh Tool merupakan salah satu tool yang lebih intensif dalam palet tool Illustrator, terutama untuk pemula dalam menggunakan Illustrator. Setelah Anda menguasai tools ini, Anda dapat membuat campuran halus dan gradasi yang tak terhingga dalam format vektor, membuat file akhir jauh lebih fleksibel dari pada file raster.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat objek dengan menggunakan rectangle tool.

Setelah objek jadi, kemudian pilih mesh tool, kemudian klik mesh tool beberapa kali pada object sehingga menghasilkan titik-titik dan garis bantu seperti tampak pada gambar di bawah ini:

Setelah terbentuk titik-titik dan garis-garis seperti gambar di atas proses selanjutnya adalah pewarnaan.

Pewarnaan bisa dipilih sesuai keinginan teman-teman. Untuk mewarnai dan mengedit direksi dari garis-garis gunakan Direct Selection Tool, kemudian klik pada titik-titik pertemuan garis-garis yang ingin di gradient, setelah titik-titik yang ingin di gradient terseleksi kemudian pilih warna yang lebih gelap atau yang lebih terang dari warna dasar objek yaitu dengan menggunakan palete color yang telah ditunjukan pada gambar yang sebelumnya, sehingga menghasilkan gradient yang diinginkan, akan ditunjukkan dalam gambar di bawah ini:

dan akhirnya warna yang lebih smoth kita dapatkan

 

Leave a Reply