Mengenal Tokoh Desainer Terkenal di Indonesia

desainer grafis Indonesia

Assalamualaikum Wr Wb

Mendengar kata Desain grafis?

Apa sih Desain Grafis itu?

   Desain grafis adalah  sebuah komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Di Indonesia, Desain Grafis merupakan suatu Karya seni desain yang berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya Desain Grafis di Indonesia, Siapapun dapat dengan mudah menyampaikan suatu pesan ataupun perasaan kepada orang lain secara visual dengan berbagai bentuk yang indah,unik dan menarik yang dapat membuat orang lain yang melihatnya terpukau atau kagum oleh hasil karya Seni Desain Para Desainer Grafis. Sehingga satu dengan yang lainnya saling berlomba untuk menciptakan karya seni desain grafis dalam cakupan Nasional Bahkan Hingga dunia Internasional

Berikut Tiga Desainer Grafis Terkenal di Indonesia yang telah membuktikan skill nya dalam kancah dunia Desain grafis Internasional:

1. Henricus Kusbiantoro

Desainer Indonesia

Dilahirkan di Bandung tahun 1973 dari keluarga sederhana, Henricus Kusbiantoro sempat mengenyam pendidikan dasar desain di Universitas Trisakti Jakarta (1992), sebelum akhirnya memutuskan menekuni bidang desain grafis di Seni Rupa Institut Teknologi Bandung di bawah bimbingan Prof. A.D. Pirous dan perancang grafis senior sekaligus kartunis politik Indonesia, Priyanto Sunarto.

Seorang art director dari lulusan sekolah istitut tekhnologi bandung (ITB) ini telah banyak menghasilkan logo kelas dunia dengan menggunakan illustrasi perwayangan yang sudah sangat ia senangi dan juga tergila gila sejak kecil.

Dia juga lulus di pratt institute dan meraih  high achievement dan menjadikannya consultan di wolf olins kemudian terlibat dalam revitalisasi merek General Elektrike (GE) pada tahun 2004.

Karya-karya logo dan merek—usaha bisnis lokal dari bisnis sarang burung di chinatown, Alumni SMA Aloysius Bandung hingga logo Desain Grafis Indonesia (DGI) sampai dengan logo (RED) Global AIDS Campaign untuk pemusik Bono U2, Samsung Beijing 2008, Hewlett Packard “Make it Matter”, Piala Dunia American Football yang digunakan hingga detik ini dan logo-logo internasional klien ‘Fortune 500 Companies’ lainnya… semuanya, hingga kini tidaklah lain bukanlah sebuah kebetulan ataupun kejayaan. Tiada lain campur tangan Tuhan dalam perjalanan hidup Henricus Kusbiantoro.

2. Yolanda Santosa

Wanita ini dikenal dengan sapaan khas oleh rekan rekan sesama desainer grafis lainnya dengan panggilan Yo.

Yo hijrah ke Singapura sewaktu berumur 10 tahun untuk melanjutkan studi di Opera Estate Primary School dan Opera Estate Secondary School . Pada usianya yang ke-17 tahun, Yo kemudian pindah ke Amerika untuk kuliah pada bidang seni di Columbus College of Art and Design di Columbus, Ohio. Merasa tidak cocok dengan program yang diambilnya di sana, Yo kemudian memutuskan untuk keluar dan meneruskan kuliahnya di Art Center College of Design di Pasadena hingga lulus dan mendapat gelar S1 dengan jurusan desain grafis pada tahun 2000.
,prestasinya diakui setelah mengikuti dan terlibat dalam pembuatan film film jebolan Hollywood seperti 300, the incredible hulk,Herbie fully loaded,cat woman,shaggy dog,dan lain lain.

Dia juga sukses di bidang Branding & motion graphic di amerika serikat ,dia juga sukses mendesain sejumlah film box office di perusahaannya Ferroconcrete.

3. Danton sihombing

Desainer Indonesia

Danton Sihombing adalah seorang ahli desain grafis asal Indonesia

Danton Sihombing menempuh pendidikan Desain Grafis di Universitas Trisakti dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Memperoleh gelar Master of Fine Arts (MFA) dalam bidang Graphic Design dari Savannah College of Art and Design (SCAD), Georgia, USA, lulus pada tahun 1997 dan dianugerahi penghargaan Outstanding Achievement in Graphic Design Awards.

Setelah menyelesaikan studi, Danton bekerja sebagai Art Director di AGA Marketing and Design, New York, USA. Salah satu karya pi-font-nya terpilih dalam koleksi Linotype Take Type Library 2: The Second International Type Design Contest 1997, yang diselenggarakan oleh Linotype—type foundry legendaris dunia yang berlokasi di Jerman. Namanya juga tercantum dalam daftar Type Designers and Punchcutters from Gutenberg until Today oleh Hans Reichardt untuk Klingspor-Museum Offenbach, museum tipografi di Jerman.

Tahun 2001 ia menulis buku “Tipografi dalam Desain Grafis” dan “Tipografi dalam Desain Grafis-Edisi Diperbarui” yang diluncurkan pada Agustus 2015. Danton Sihombing juga menyusun buku “Warisan 5 Desainer: Tjahjono Abdi, S. Prinka, Priyanto Sunarto, Yongky Safanayong, Irvan Noe’man” yang diterbitkan pada November 2015.

Selain itu pria dia juga turut andil dalam proyek revitalisasi Brand marks & Spencer dan nascar,pria ini telah menggeluti karirnya di dunia desain grafis semenjak tahun 1990.

Sekian Artikel ini saya tulis Semoga bisa bermanfaat dan memacu semangat anda sekalian untuk mendesain

Wassalamualaikum Wr Wb

Graphic Designer
Email : hellboytreath28@gmail.com
Fb : Shu Meng Chen
Instagram : Fajar_ilhamy28er