Mengenal Sistem Identitas Visual

Sistem Identitas Visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk. Identitas Visual sering digunakan untuk membedakan suatu produk/jasa dengan produk/jasa dari pesaing sehingga costumer akan dengan mudah mengidentifikasi suatu merek hanya dengan melihat sebagian dari tampilan visualnya.
Kamu mungkin akan langsung mengenal merek yang diwakili gambar dibawah ini hanya dengan melihat style ilustrasi dan warnanya saja.

01_cocacola

Yap! Itulah kekuatan dari sistem identitas visual yang diterapkan secara konsisten. Coca-cola merupakan salah satu merek yang sangat konsisten terhadap penerapan sistem identitas visual seperti warna, ilustrasi, dsb.
Secara umum, sistem identitas visual mencakup beberapa hal berikut :
01) Logo design

02_logo-pesawat-terbang

Logo adalah bagian terpenting dari rangkaian sistem identitas visual. Karena logo biasanya memiliki aspek unik dari segi bentuk yang membuatnya sangat mudah diidentifikasi oleh audiens.
02) Typography standards

03_typography

Tipografi dan pemilihan jenis huruf (font) dapat membantu memperkuat suatu identitas selama penerapannya konsisten. Huruf mengkonversi bahasa verbal menjadi visual dalam berbagai media promosi maupun informasi.
03) Color palette

04_color-palette

Penerapan warna yang konsisten juga menjadi factor kunci bagi keberhasilan suatu sistem identitas visual. Warna secara psikologis akan mempengaruhi ingatan audiens terhadap suatu entitas tertentu.
04) Photography/illustration style

fotograf

Peran fotografi dan ilustrasi semakin kentara belakangan ini sebagai salah satu alat promosi paling ampuh. Pada sistem identitas visual, style fotografi dan ilustrasi digabungkan sedemikian rupa dengan visual lainnya untuk menghasilkan suatu ‘rasa’ dan kombinasi yang harmonis.
05) Visual guidelines

06_visual-identity-guidelines

Guidelines / standard manual dibutuhkan sebagai acuan dasar penerapan identias visual dari suatu brand. Dalam Guidelines diatur detail-detail yang dibutuhkan ketika identitas visual hendak diaplikasikan.

sumber : internet