Mengenal muka photoshop

Dalam photoshop ada begitu banyak item beserta fungsi-fungsinya yang harus dikenali. Namun pastinya tidak mungkin untuk menghafal seluruhnya sekaligus.

Empat Bagian Utama Photoshop
Saat kita bekerja dengan Photoshop baik untuk sekadar mengedit foto atau membuat komposisi yang rumit sekalipun, umumnya hanya ada empat bagian dari interface (antarmuka) Photoshop yang paling sering kita digunakan.

Penyebutan ke-empat bagian tersebut akan sering kita ditemui dalam berbagai tutorial di sini. Jadi sembari kita memperdalam Photoshop, kita juga akan semakin mengenal detil fungsi dari setiap bagian.

Sebagai acuan awal, kita kenali secara singkat dulu ke-empat bagian ini satu persatu. Kita tidak perlu menghafalnya, cukup mengenalnya saja dan itu yang terpenting.

Catatan! Pengenalan ini menggunakan interface Photoshop CS3 sebagai acuan. interface Photoshop hampir sama untuk semua versi, jadi acuan ini masih relevan untuk digunakan.

 

https://i0.wp.com/1.bp.blogspot.com/-T98ZIwO_gGU/Ub_TUjxY-vI/AAAAAAAAAyA/rNi-u-DQx1I/s867/001-photoshop-desktop.jpg?w=696

Bagian Satu – Menu Bar

Jika kita sudah terbiasa dengan interface Windows, tentunya bagian ini sudah bukan barang baru. Daftar menu umumnya berisi sejumlah perintah dengan fungsinya masing-masing.

Perintah bertanda panah memiliki submenu. Perintah dengan titik-titik akan menampilkan Dialog Window. Perintah lain tanpa panah ataupun titik-titik akan langsung dijalankan.

Dalam blog ini, menu Image dan menu Select beserta submenu-nya akan sering kita gunakan untuk mengolah gambar atau foto.

Tips! Pada bagian kanan terkadang ada keyboard shortcut dari tiap perintah. Shortcut dapat membantu kinerja menjadi lebih efisien. Kita juga dapat mendefinisikan sendiri shortcut melalui menu Edit » Keyboard Shortcut.

Bagian Dua – Toolbox
Dalam Photoshop, toolbox terbagi menjadi 6 kelompok berdasarkan fungsi dari setiap tool.

A. Selection & Crop

https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-EjnCe3-Q1ks/Ub_Qa8a9n3I/AAAAAAAAAwY/f9oQ2swxFx0/s99/003-toolbox-a.jpg?w=696
Fungsi tool ini untuk memilih gambar atau melakukan seleksi bagian tertentu pada gambar yang akan diedit. Pada kelompok ini juga terdapat tool Crop dan Slice yang berfungsi untuk memotong gambar. Kita akan sering menggunakan tool ini.

B. Drawing, Fix & Fill Tool

https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-Bc2pIHYasC0/Ub_QbrvwHkI/AAAAAAAAAwo/AeR8qiBMBSU/s99/003-toolbox-b.jpg?w=696
Secara umum tool pada kelompok ini bekerja dengan cara menggambar langsung pada gambar atau foto yang kita edit. Misalnya Brush Tool untuk menggambar dengan kuas atau Stamp Tool untuk meng-klon bagian-bagian gambar. Pembahasan mengenai kelompok ini akan kita perdalam pada artikel mendatang.

C. Text & Vector Tool

https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-Q1KhmzkSMSo/Ub_QfXcBeTI/AAAAAAAAAxc/CHRhCEwkVyA/s99/003-toolbox-c.jpg?w=696
Pada kelompok ini terdapat tool untuk menggambar bentuk berbasis vektor dan Text Tool untuk membuat tulisan pada kanvas kerja kita.

D. Notes, Color & Navigation Tool


Kelompok ini bisa dibilang “gado-gado”, karena terdapat Notes Tool untuk menambahkan catatan pada kanvas kerja. Disini juga terdapat tool untuk memilih warna (Eyedropper Tool), Hand Tool untuk menggeser kanvas kerja dan Zoom Tool.

E. Color Control


Di sini terdapat 4 icon dengan fungsi berbeda. Foreground/ Background Color untuk memilih warna, Icon panah untuk membalik pilihan warna (X), serta icon Default Color (D) di pojok kanan bawah.

F. Quick Mask & Screen Mode


Screen Mode berfungsi merubah mode tampilan kanvas kerja. Screen Mode juga dapat diakses melalui menu View » Screen Mode. Kita dapat mencoba memahami fungsi Quick Mask pada tutorial Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop.

Jika kita menggunakan versi Photoshop CS2 dan sebelumnya, pada kelompok F terdapat icon Imageready.

Pada Photoshop CS3 dan seterusnya Imageready digantikan dengan Animation yang dapat diaktifkan melalui menu Window » Animation.

 

Tips! Icon Tool yang memiliki gambar anak panah dipojok bawah memiliki pilihan tool. Klik dan tahan icon untuk menampilkan pilihan tool tersebut.

Untuk berpindah pilihan tool dengan shortcut, tahan Shift dan tekan tombol keyboard yang sesuai.

Pada contoh ini kita dapat menekan Shift + G untuk berpindah antara Gradient Tool dan Paint Bucket Tool.

Bagian Tiga – Option Bar

Secara default Option Bar berada di bawah menu. Posisi ini mulai digunakan sejak versi Photoshop 6.

Setiap kita memilih Tool dengan mengklik icon tool, tampilan Option Bar akan berubah. Dengan Option Bar kita dapat mengatur perilaku dari Tool yang terpilih. Gambar di atas merupakan Option Bar untuk Move Tool (V) dan Magnetic Lasso Tool (L) pada versi Photoshop CS3.

Bagian Empat – Layer Panel (Palette)

Pada photoshop terdapat banyak palet/panel dengan beragam fungsi. Dalam kondisi standar, banyak di antara panel tersebut yang tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, pilih menu Window » lalu pilih panel yang hendak diaktifkan.

Dari sekian banyak panel tersebut, Layer Panel bisa dikatakan merupakan salah satu panel yang sangat penting dan akan sering kita gunakan saat mengedit foto atau gambar dengan Photoshop.

Layer Panel menampilkan layer (lapisan) dari kanvas kerja yang sedang aktif. Layer sendiri merupakan “nyawa” dari edit dengan Photoshop. Setiap layer merupakan gambar independen yang dapat kita edit secara terpisah. Karena pentingnya pemahaman akan Layer anda dapat membacanya di artikel pengertian layer dan layer mask.

Pada pojok kanan atas dari setiap panel terdapat Panel Menu. Klik tanda panah untuk menampilkan pilihan dari panel yang sedang aktif

Tips! Tekan Tab untuk menyembunyikan semua bagian kecuali Menu.
Tekan Shift + Tab untuk menyembunyikan semua bagian kecuali Menu, Toolbox dan Option Bar.

Hanya dengan mengenal ke-empat bagian ini, kita sudah dapat melakukan berbagai hal dengan Photoshop. Tentunya dengan semakin sering kita berlatih, maka semakin terbiasa pula kita dengan interface program ini.