Mengenal Mockup

Mengenal Mockup

 

Untuk sebagian beberapa orang, kata mockup masih jarang terdengar, namun bagi orang yang telah berlalu lalang di dunia desain grafis, kata mockup bukanlah asing lagi. Ok deh, bagi yang belum tau mockup itu apa, langsung saja saya kasih tau bocorannya.

Secara umum, mockup adalah cara untuk membuat desain seolah-olah nyata, biasanya digunakan oleh seorang desainer grafis untuk keperluan presentasi di hadapan klien guna menampilkan desainnya yang terlihat nyata sebelum sampai pada tahap percetakan.

Mockup bisa dipakai pada beberapa desain, misalnya mockup kaos. Bagaimana caranya agar desain yang kita tempelkan di kaos seakan-akan telah berwujud nyata berupa kaos yang ada desain kita. Atau mockup stationery yang bisa menampilkan beberapa kebutuhan kantor bisa terlihat nyata dan dapat menarik perhatian klien.

Mockup juga befungsi sebagai media ekspresinya karena pada satu desain yang dibuat dapat dijadikan mockup pada beberapa barang.

Salah satu keuntungan dari membuat mockup karena dapat menekan biaya. Desain yang seharusnya kita cetak dengan biaya yang tidak murah dapat kita tampilkan dengan mudah hanya dengan menegeditnya menggunakan software yang tepat.

Akan sangat membantu bagi seorang desainer grafis apabila dapat merampungkan pekerjaannya tanpa harus menggunakan waktu yang panjang. Maka dari itu, mockup juga dibutuhkan agar menghemat waktu.

Sekian bahasan tentang mockup yang harapan saya bisa membantu teman-teman yang masih mencari tahu tentang mockup. Semoga penjelasan di atas dapat membantu menjawab pertanyaan teman-teman. Terima kasih.