Mengenal Jenis Kertas dalam Percetakan

Untuk teman-temanku yang belum mengetahui jenis kertas dalm percetakan, coba deh baca-baca artikel yang ingin kalian tau, salah satunya yang akan kita bahas yaitu mengenal jenis kertas dalam percetakan. Disimak ya teman…

Ada banyak jenis kertas yang biasa digunakan dalam percetakan, setiap jenis kertas memiliki karakteristik yang berbeda sehingga penggunaannya juga harus dibedakan agar bisa mendapatkan hasil cetakan yang maksimal.

Secara umum jenis kertas yang sering digunakan dalam dunia percetakan hanya terdiri dari tiga kategori yaitu Uncoated Paper, Coated Paper, dan Non Absorbtion Paper.

Uncoated Paper merupakan kategori kertas yang tidak memiliki lapisan bahan lain sehingga memiliki permukaan yang tidak begitu halus, daya serap tinta tinggi dan mudah sobek. Namun hasil cetakan yang berupa teks biasanya akan lebih nyaman untuk dibaca. Kertas yang termasuk dalam kategori ini misalnya kertas HVS, kertas buram, kertas koran, dan lain sebagainya.

Coated Paper adalah kategori kertas yang memiliki lapisan elemen lain sehingga tidak mudah sobek, permukaan kertas bisa lebih halus bahkan mengkilat, bisa memiliki tekstur yang bermotif, dan lebih tahan terhadap cuaca. Beberapa kertas yang masuk dalam kategori ini misalnya kertas Art Paper, Art karton, kertas foto, dan lain sebagainya. Kertas coated biasanya banyak digunakan dalam pembuatan brosur, flyer, poster, ataupun media promosi lainnya karena daya tahannya yang lebih tinggi terhadap kerusakan.

Sedangkan Non Absorbtion Paper merupakan salah satu kategori kertas yang tidak memiliki daya serap tinggi sehingga apabila dicetak memerlukan perlakuan khusus agar hasil bisa lebih baik. Beberapa contoh yang masuk dalam kategori kertas ini misalnya kertas stiker vynil, alumunium foil, Art syntetic paper, dan lain sebagainya.

Berikut ini macam jenis kertas yang populer digunakan dalam percetakan diantaranya adalah:

Art Paper

Kertas ini mempunyai permukaan yang halus dan licin. Jenis Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Brosur, Majalah, Katalog atau Flayer. Gramaturnya mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr dan 150gr.

Art Carton

Kertas Jenis ini mempunyai permukaan yang sama dengan jenis kertas Art Paper yang membedakan hanya ketebalannya saja. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Cover Buku, Brosur, Paper Bag, Map dan masih banyak lagi. Gramaturnya mulai dari 190gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

Ivory Paper

Kertas Jenis ini sama seperti Art Carton, hanya kertas jenis ini cuma mempunyai satu sisi yang licin satu sisinya tanpa coating. Jenis Kertas ini banyak di gunakan untuk mencetak Paper Bag, Dus – Dus Kosmetik. Gramaturnya mulai dari 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310gr, 400 gr.

Dupleks

Kertas Jenis ini hanya mempunyai satu sisi putih dan sisi lainnya berwarna abu – abu. Jenis Kertas ini sering digunakan untuk mencetak Packaging Obat – Obatan atau Makanan. Gramaturnya mulai dari 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, dan 500 gr.

Kertas HVS

Jenis Kertas ini memiliki permukaan yang kasar. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Buku atau Fotocopy. Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr.

Samson Kraft

Kertas jenis ini berasal dari proses daur ulang dan memiliki warna coklat. Kertas jenis ini banyak digunakan untuk Paper Bag atau Bungkus. Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr.

BW, BC, Linen Jepang dan concord

Kertas jenis ini mempunyai permukaan tekstur dan jenis kertas dengan banyak warna. Kertas jenis ini banyak digunakan untuk mencetak Kartu Nama dan Sertifikat. Gramaturnya yang biasa dipakai 160 gr, 220 gr, 250 gr.

Jenis kertas yang telah disebutkan diatas merupakan jenis-jenis kertas yang umum beredar di pasaran dan mudah didapatkan. Selain kertas-kertas ini sebenarnya masih banyak jenis kertas lainnya dengan beragam karakteristik, bentuk, warna, bahan baku, penggunaan dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.