Mengenal Jenis-Jenis Tipografi

0
4844
http://helliumworks.blogspot.co.id/2010/12/tipografi-arti-dan-fungsinya.html

Mengenal Jenis-Jenis Tipografi

 

Assalammu’alaikum Wr. Wb

Apakah kamu tau apa itu sans serif? Kalau Roman? Nah buat yang belum tau, yuk kita ngulik artikel tentang mengenal jenis-jenis tipografi. Tipografi dalam dunia desain mempunyai pengaruh yang banyak. Misalnya, untuk keperluan brosur, pakai font apa yang bagus agar pembaca mudah membacanya. Oke deh langsung simak aja yuukk…

1. Roman

Roman adalah salah satu jenis tipografi yang mempunyai garis kecil di setiap hurufnya. Contohnya seperti Times New Roman dan Georgia. Dalam bidang desain grafis, font jenis serif memiliki makna klasik, anggun, tegas, lemah gemulai dan feminim.

2. Egyptian

Egyptian mempunyai ciri huruf seperti papan. Berbeda dengan roman, ketebalan huruf egyptian sama di semua hurufnya. Contoh huruf Egyptian adalah Rockwell dan Typo Slab – Serif. Kesan yang ditimbulkan dalam tipografi ini adalah kokoh, kuat, kekar, dan stabil.

3. Sans Serif

Jenis huruf sans serif ialah tidak memiliki sirip di ujung huruf, ketebalan hurufnya yang solid, tidak tipis tebal. Kesan yang ditimbulkan jenis huruf ini adalah modern, kontemporer, dan efisien. Contoh Sans Serif ialah Arial, Century Gothic, Futura, Helvetica, Lucida Grande, Trebuchet MS, dan Verdana.

4. Script

Ciri huruf script adalah seperti tulisan tangan sambung yang dibuat oleh pena, pensil atau kuas. Biasanya tulisan jenis ini memiliki ciri miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkan adalah pribadi dan akrab. Contohnya Freestyle Script dan French Script.

5. Miscellaneous

Huruf jenis ini tidak memiliki ciri khas yang spesifik seperti 4 jenis tipografi lainnya. Karena miscellaneous merupakan pengembangan dari tipografi yang sudah ada, hanya ditambah sedikit ornamen dan hiasan tambahan lainnya. Contohnya ialah Comic Sans MS, Joker, dan Magneto.

Nah itu dia jenis-jenis tipografi dalam dunia desain. Semoga bermanfaat ^^ Jangan lupa dilikes dan dishare yaaaw.

Leave a Reply