Mengenal InDesign

Apa itu Adobe Indesign?

Adobe Indesign adalah salah satu aplikasi desktop publishing yang populer dan banyak digunakan oleh para desainer grafis terutama yang berhubungan dengan tata letak (layout) buku, majalah, koran, company profile, annual report dan sebagainya.

Mengapa Anda disarankan belajar program Adobe Indesign ?

  1. Adobe Indesign mempunyai kenyamanan dalam membuat desain dengan multiple pages design (layout dalam beberapa halaman) dengan adanya fungsi master pages.
  2. Adobe Indesign menawarkan efek-efek khusus yang bisa langsung diterapkan dalam dokumen.
  3. Adobe Indesign sangat mempermudah Anda dalam membuat layout majalah, buku, buletin, brosur dan sebagainya.
  4. Dapat membantu masalah pewarnaan yang akan diterapkan pada proses cetak.
  5. Mempunyai fasilitas Print Booklet yang dapat mengatur dengan sendirinya setiap pertemuan halaman, khususnya pada saat cetak (print).
  6. Mempunyai fasilitas Package yang berfungsi sebagai pengatur penyimpanan file ke dalam flashdisk atau softcopy (CD) yang di dalamnya sudah tersimpan document, image dan font dengan sendirinya. Tujuan dari Package ini adalah jika kita ingin mencetak di luar, sehingga tidak akan terjadi lagi image atau font yang tertinggal, karena fasilitas Package dalam Adobe Indesign sudah mengaturnya secara otomatis.
  7. Penyimpanan juga bisa bermacam-macam seperti format pdf, jpg dan lain sebagainya.

Apa yang dapat dihasilkan oleh program Adobe Indesign ?

  1. Membuat desain logo
  2. Membuat layout design majalah, buku, buletin, company profile, dan sebagainya.
  3. Menggambar berbagai macam ilustrasi (manusia, binatang, tumbuhan, maskot, orname, wayang, batik/motif kain dan sebagainya).
  4. Membuat berbagai macam design media promosi seperti flyer, poster, brosur, kalender, hanging mobile, wobler, spanduk, billboard, stationery (kartu nama, kop surat, amplop, stempel, kwitansi, faktur, dan sebagainya).
  5. dan banyak lagi