Mengenal Fungsi Drop Shadow pada Corel Draw

CorelDraw adalah satu-satunya program publishing terpopuler yang dapat memenuhi semua kebutuhan kita dalam mendesain sesuatu baik itu untuk media promosi ataupun yang lainnya. Bagaimana tidak, coba saja kita bandingkan dengan program selain CorelDraw yang hanya dapat melakukan beberapa langkah mudah saja, walau dalam program tersebut ada fasilitas dalam membuat suatu gambar, namun itu tidak seluas CorelDraw. Bahkan anak SD pun sudah mulai mempelajarinya, mungkin Sobat sendiri tau program apa saja yang saya maksud.

Sekedar pengetahuan saja buat kita semua, baru-baru ini saya menyadari betapa dahsyatnya program CorelDraw. Mengapa demikian ? Berikut ini akan saya paparkan apa saja yang dapat dilakukan oleh program tersebut, diantaranya adalah :

Mampu menghapus background photo hanya dengan beberapa langkah mudah saja, dengan catatan background tersebut tidak berwarna-warni.
Mampu merubah format default (cdr) ke format lainnya, seperti : bmp, jpg, wmf dll. Untuk melakukannya cukup dengan di-export atau dengan menekan Ctrl E pada keyboard.
Mampu membaca lebih dari satu extention, diantaranya adalah : EPS, JPG, CMX, PDF dll. Untuk melakukannya tinggal menggunakan fasilitas import, atau dengan menekan Ctrl I pada keyboard.
Support dengan program yang lain, setahu saya adalah dengan program wilcom embroidery dari versi 7 ke atas, Wilcom Deco Studio (sebuah program embroidery computer keluaran Corel) kemudian mesin laser yang digunakan untuk memotong berbagai media seperti imitasi, kulit, acrilic, yang terakhir adalah mesin cutting sticker.
Mampu memberikan effect 3D layaknya program pengolah photo.
dan masih banyak lagi.

Cukup banyak bukan ? Dan karena kelebihan itulah, saya berani bilang : “Tidak ada program yang sesempurna ini”. Percaya atau tidak dalam 24 jam saya bisa menghabiskan waktu bersama dengan program ini sampai 17 jam bahkan lebih ! sampai-sampai istri saya cemburu sama CorelDraw. Lucu bukan ?

pada fungsi Toolbox CorelDraw, kali ini kita akan membahas Drop Shadow. Adapun tool yang satu ini berfungsi untuk membuat effect bayangan pada suatu objek atau teks yang kita buat, yang kebanyakan effect ini digunakan untuk mendesain suatu media promosi. Baik itu berupa spanduk, brosur atau yang lainnya. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut ini :

Fungsi Drop Shadow pada Corel Draw, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

 

  1. Buatlah teks dengan menggunakan Text Tool atau dengan menekan F8 pada keyboard. Kemudian ketikkan : CONTOH,
    Aktifkan menu toolbox Drop Shadow
    Untuk hasil seperti nomor 1, letakkan posisi cursor di tengah teks, kemudian tarik ke samping bawah. Untuk hasil seperti nomor 2, letakkan posisi cursor di bawah teks, kemudian tarik ke tengah teks. Untuk hasil seperti nomor 3, letakkan posisi cursor di tengah teks, kemudian geser ke kanan. Selanjutnya, pada menu Feathering Direction rubah posisinya menjadi outside. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut

 

Published by Abdul Aziz Muslim