Mengenal Format File Gambar Pada Photoshop

Psd ( photoshop Dokument )

psd

Format file ini merupakan file asli dokumen adobe photoshop. Format ini menyimpan informasi layer dan alpha channel pada sebuah image, sehingga dapat dibuka dan diubah kembali. Format ini juga dapat menyimpan file dalam beberapa mode warna yang terdapat pada photoshop.

Bmp ( Bitmap Image )

bmp

Format ini merupakan format fleksibel untuk platform windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Bitmap image dapat menyimpan informasi dengan kualitas 1 sampai 24 bit. Kelemahan format ini tidak dapat menyimpan layer maupun alpha channel. Format file ini dapat menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, indexed color dan bitmap.

JPG / JPEG ( Joint Photographic Expert Group )

jpg

Format ini dapat mengompres objek dengan tingkat kualitas sesuai pilihan yang disediakan. Format ini paling sering dipergunakan untuk keperluan multimedia dan publikasi elektronik lainnya. Format ini dapat menyimpan mode warna CMYK, RGB, dan Grayscale. Format ini juga dapat menyimpan alpha channel dan memiliki ukuran relative kecil disbanding dengan format lainnya.

GIF ( Graphic Intercange Format )

gif

Format ini hanya dapat menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna grayscale, bitmap, dan indexed color). Format GIF adala format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format ini juga dapat menyimpan animasi 2D (animated GIF). Format ini dapat dikompress menjadi kecil dengan kompresi LZW.

TIF ( Tagged Image Format File )

tif3

Format ini dapat menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. TIF biasa digunakan untuk keperluan pertukaran platform (PC, Machintosh, Silicon Graphic). Format ini biasanya digunakan oleh desainer atau operator cetak untuk keperluan publikasi (cetak). hampir semua program mampu membaca format file bitmap juga dapat membaca format TIF.

PNG ( Portable Network Graphic )

th-2

PNG dapat berfungsi sebagai alternative lain dari format GIF. Format ini digunakan untuk menampilkan objek halaman web. Kelebihan format ini dibandingkan dengan GIF yaitu dapat menyimpan file dalam bit dept 24 bit serta bisa menghasilkan background transparan dan dapat menyimpan alpa channel.

EPS ( Encapsuled Postcrip )

eps2

Format ini sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. EPS juga sering digunakan untuk mencetak gambar. Keunggulan format ini dapat dikenali hamper semua program persiapan cetak. Kelemahannya adalah tidak dapat menyimpan alpha channel, format ini dapat menyimpan gambar dengan mode warna CMYK, RGB, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed color, dan bitmap. Selain itu format file ini juga dapat menyimpan clipping path.

itulah format file asli dokumen adobe photoshop. . . . . . . . . . .