Mengedit Rambut Menggunakan Photoshop

Terkadang kita mengalami kesulitan untuk seleksi pada bagian helai rambut, memang untuk yang satu ini agak sulit apalagi kalau harus seleksi dengan detail dan bagus. seringkali kita melakukan kesalahan sehingga jika benar-benar sulit untuk di-seleksi kita menghapusnya saja, padahal itu bagian yang sangat penting. Tapi perlu kita ketahui bahwa dengan Adobe Photoshop dalam hal seleksi rambut itu merupakan hal yang mudah. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengeerjakannya, untuk cara seleksi rambut photoshop ada banyak cara, dan kali ini saya akan mencoba menyeleksi helai rambut dengan menggunakan Pen Tool dan layer mask. Sekarang kita langsung saja memulai untuk seleksi rambut.

Bahan-bahan :

Model:

Buka gambar model, atau kalian bisa menggunakan foto kalian. saya sarankan foto dengan resolusi bagus, supaya lebih mudah dalam menyeleksinya.

Model1 Seleksi Rambut Photoshop, Dengan Hasil Detail

Gunakan Pen Tool (P) untuk langkah pertama dalam seleksi rambut photoshop, klik mouse dan drag ikuti alur model, dan pada bagian rambut tempatkan pen tool di bagian luar rambut, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih make selection lalu oke. gambar dibawah ini akan memperjelas langkah ini

make selection Seleksi Rambut Photoshop, Dengan Hasil Detail

Kemudian klik Add Layer Mask, dan akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Add layer mask Seleksi Rambut Photoshop, Dengan Hasil Detail
Lalu Klik kanan pada Layer mask dan pilih Refine Mask.

https://i1.wp.com/kuliahdesain.com/wp-content/uploads/2014/04/Refine-Mask.jpg?w=696