Mengatur Character Styles pada Adobe InDesign

Mengatur Character Styles pada Adobe InDesign

  1. Mengeluarkan Tab Character Style

Untuk Mendapatkan tab Character Style, teman-teman bisa ke menu Window > Styles > Character Styles.

Nah setelah itu, akan keluar Tab Character Style seperti gambar di bawah ini. Ini saya menggunakan contoh desain Layout yang sudah mempunyai Character Style tersendiri.

  1. Menambah dan Mengatur Character Style

Untuk menambah Character Style, teman-teman bisa menekan tombol yang ada di bagian bawah Tab.  yang terlihat seperti gambar dibawah.

 

Kemudian akan terlihat sebuah Character Style baru sengan nama Character Style 1

Untuk mengedit Character Style 1, teman-teman bisa Klik Kanan pada Character Style tersebut, kemudian pilih Edit

Setelah itu akan keluar tampilan window seperti gambar di bawah ini, yang memungkinkan teman-teman untuk mengganti nama Character Style sesuai dengan keinginan.

kemudian Basic Character Format untuk menentukan Jenis Font, Ukuran font yang akan digunakan, Style Font, Leading (Jarak antar Baris dalam Paragraf), Kerning, Tracking (Jarak antara huruf), Case, dan Position. ada pula kita dapat mengatur Underline, Ligatures, Strikethrough.

Advance Character Formats digunakan untuk mengatur besar atau kecilnya huruf yang ingin kita sesuaikan dengan keinginan.

Character Colour digunakan untuk mengatur warna dari Character Style tersebut.

sedikit yang bisa saya bagi mengenai Character Style. Apa itu Character Style, kegunaannya, Cara menggunakannya, dan menurut saya sangat penting dimengerti ketika kita akan mendesain dengan menggunakan Adobe InDesign.

Selamat Mencoba