Menambahkan Stroke pada Teks

x     Pada gambar kita bisa menambahkan efek -efek pada menu “Filter”. Jika efek-efek pada menu filter diterapkan pada teks akan berakibat teks tersebut tidak bisa diedit. Solusinya adalah dengan menggunakan “Layer Style” pada menu “Layer”. Berikut ini akan dijelaskan salah satu trik pada Layer Style untuk menambahkan stroke pada teks.

1. Buat dokumen baru dengan cara tekan Ctrl+N secara bersamaan pada keyboard atau pilihan “File”, “New” pada menu bar.
2. Klik icon Horizontal Type Tool pada icon palette atau bisa juga dengan menekan tombol T pada keyboard.

HorizontalTypeTool

Gambar: Horizontal Type Tool pada icon palette.

3. Atur pada option bar, jenis font dan ukuran font sesuai keinginan anda. Warna font sementara kita pilih warna hitam agar mudah terlihat pada background putih. Kemudian klik pada dokumen untuk menuliskan teks anda.Klik icon commit pada option bar jika sudah selesai mengetik.

commit

Gambar: Klik icon commit pada option bar setelah selesai mengedit.

4. Tekan pada keyboard Ctrl+T bersamaan untuk mengatur teks kita pada dokumen menggunakan Free Transform. Atau bisa juga dengan pilihan “Edit”, “Free Transform”. Klik kemudian drag pada kotak transform yang mengelilingi teks untuk memperbesar ukurannya.

xxGambar: Free Transform.

5. Selanjutnya menambahkan stroke pada teks. Pilih “Layer”, “Layer Style” kemudian “Stroke”. Akan muncul kotak dialog Layer Style. Pada pilihan Stroke isikan Size: 21px, Position: Outside, Blend Mode: Normal, Opacity: 100%, warna terserah anda. Klik tombol OK jika telah selesai.

xxxGambar: Kotak dialog Layer Style.

6. Klik kembali icon Horizontal Type Tool kemudian klik pada teks anda. Kita akan mengubah warna teks kita menjadi warna putih. Untuk itu tekan tombol Ctrl+A bersamaan untuk menyeleksi teks. Selanjutnya pada option bar pilih warna putih. Jangan lupa klik icon commit.

colorteks

Gambar: kotak pemilihan warna teks pada option bar.

7. Pilih kembali “Layer”, “Layer Style” kemudian “Inner Shadow” untuk menambahkan bayangan sesuai keinginan anda.

Referensi: Adobe Photoshop Help