Menambahkan Pattern Pada Photoshop

  1. Download Pattern photoshop yang disediakan secara online secara gratisan. Sebagai bahan latihan di download web site brusheezy

  1. Setelah mendownload file Pattern tersebut maka anda akan mendapatkan file dengan extension file “.pat”

  1. Untuk memasukan pattern yang telah kita download dengan cara menarik/load melalui panel window layer dan klik blending option melalui salah satunya klik kanan pada layer > Blending Option

 

  1. Akan tampil kotak dialog seperti gambar dibawah ini (Layer Style) dan kita pilih salah satu pilihan yang ada disisi kiri (Pattern Overlay).

  1. Klik kotak pattern tersebut maka akan tampil pattern yang sudah kita miliki sebelumnya seperti gambar dibawah ini dilanjuti klik icon seting yang ada dikanan atas tersebut maka akan keluar menu pilihan.

  1. Geser mouse nya tuk memilih “Load Patterns” dan akan dapat kita tarik/load file pattern yang sudah kita download tadi, seperti gambar dibawah ini.7. Setelah kita pilih makan tampak seperti gambar dibawah ini yang mana semua pattern tersebut sudah tampil dan siap dipergunakan.

  1. Langkah terakhir pattern yang akan kita pilih. Tidak terlalu sulit menggunakan pattern untuk berbagai kegunaan dalam desain poster, kalender, flyer dan lain sebagainnya.