Menambah Saturasi Foto Menggunakan Sponge Tool

1

     Berikut ini tutorial cara menambah saturasi atau mempertajam warna foto menggunakan Sponge Tool. Banyak cara untuk meningkatkan saturasi warna pada foto menggunakan Photoshop. Salah satunya menggunakan Sponge Tool yang dikombinasikan dengan tool seleksi Magic Wand Tool. Hanya dengan menyapukan mouse pada foto, saturasi warna foto akan bertambah. Berbeda dengan adjustments Hue/Saturation, sponge tool memiliki kelebihan dimana kita bisa memberi saturasi/desaturasi area tertentu pada foto yang telah kita seleksi menggunakan sapuan mouse. Pada contoh ini kita akan mempertajam warna foto. Anda bisa memilih desaturasi pada option bar jika ingin mengurangi ketajaman warna foto. Option Flow digunakan untuk mengatur tingkat saturasi/desaturasi dalam persentase. Untuk lebih jelasnya ikuti tutorial berikut:

1. Buka Foto.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda. Akan muncul kotak dialog Open, silahkan browse lokasi foto kemudian double klik foto yang anda pilih.

2

Gambar: Buka Foto.

2. Gandakan Layer.

Tekan tombol Ctrl+J untuk menggandakan layer.

Gandakan Layer

Gambar: Tekan Ctrl+J.

3. Pilih Sponge Tool.

Klik icon Sponge Tool. Pada Option bar, pilih Mode Saturate dan Flow 100%. Ubah ukuran brush menggunakan kurung siku buka [ dan kurung siku tutup ].

Sponge Tool

Gambar: Sponge Tool.

Option Bar Sponge Tool

Gambar: Pilih Saturate dan Flow 100%.

4. Sapukan Ke Seluruh Foto.

Sapukan mouse ke seluruh area foto satu kali. Caranya drag dari atas ke bawah secara zigzag tanpa melepas mouse. Setelah menyapukan mouse, anda seharusnya bisa melihat saturasi warna foto anda bertambah.

3

Gambar: Sapukan Sponge.

5. Pilih Magic Wand Tool.

Kita akan melakukan seleksi pada langit menggunakan Magic Wand Tool. Klik icon Magic Wand Tool kemudian pada option bar isikan Tolerance 50.

Magic Wand Tool

Gambar: Magic Wand Tool.

Option Bar Magic Wand Tool

Gambar: Isi Tolerance 50.

6. Seleksi Langit.

Lakukan seleksi area langit dengan mengklik pada langit. Area foto yang berwarna sama dengan warna langit akan terseleksi.

4

Gambar: Seleksi langit.

7. Sapukan Sponge Tool.

Klik kembali icon Sponge Tool. Kembali sapukan mouse anda di area foto yang terseleksi dengan cara mendrag secara zigzag dari atas ke bawah. Jika saturasi dirasa terlalu kuat, undo dengan menekan tombol Ctrl+Z, atur Flow pada option bar ke nilai 50%, kemudian sapukan kembali mouse pada foto.

5

Gambar: Sapukan sponge pada langit.

  1. Inversi Seleksi.

Langkah berikutnya menambah saturasi pada area selain langit. Lakukan inversi seleksi dengan memilih menu Select>Inverse.

6

Gambar: Inversi Seleksi.

9. Sapukan Kembali Sponge Tool.

Klik kembali Sponge Tool. Agar saturasi tidak terlalu tajam, atur Flow di option bar ke nilai 10% kemudian sapukan mouse ke area foto. Setelah selesai, tekan tombol Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

Flow 10

Gambar: Option Bar untuk Sponge Tool.

7

Gambar: Sapukan kembali sponge tool.

Berikut ini hasilnya:

8

Gambar: Menambah Saturasi Foto.

Sumber Gambar: Microsoft Office Images.