Membuat Vektor Wajah Zayn Malik di Adobe Illustrator

0
265

Assalamualaikum wr.wb

Selamat datang di website kami ‘’kelasdesain.com’’,kali ini saya akan berbagi tutorial ‘’Membuat Vektor Wajah di Adobe Illustrator’’ . Adobe Illustrator adalah program editor grafis vector,dan software ini sangat tepat untuk tema yang akan kita praktekkan kali ini.

Banyak sekali jenis-jenis vector yaitu vektor wajah,WPAP,Siluet Art, Line Art, Anime version, Vector Art, Karikatur, Sketch Art.

Langsung saja kita mulai untuk membuatnya,kali ini bahan untuk membuat vector dan tool yang saya gunakan adalah :

  1. Eye Dropper
  2. Pen Tool
  3. Dan menggunakan menu pathfinder yang ada di bagian ”WINDOW” gunanya untuk menggabungkan path.
  4. Pilih gambar yang akan dijadikan vector usahakan dengan kualitas yang bagus
  5. Pallet warna wajah

Kunci keberhasilan dalam membuat vector adalah penggunaan pen tool yang baik dan detail terhadap objek gambar yang akan di trace.

Langsung saja buka Adobe Illustrator dan buatlah lembar kerja baru FILE > NEW > ATUR SESUAI KEINGINAN > OK ,kali ini saya menggunakan lembar kerja yang dengan Size A4.

LANGKAH KE-1

Masukkan gambar ke lembar kerja dengan cara FILE > PLACE > PILIH GAMBAR > OPEN,usahakan gambar yang akan digunakan dengan kualitas yang bagus sehingga kita tidak mengalami kendala dalam melakukan trace.

sumber gambar : google.com

Selanjutnya agar kita mudah dalam melakukan trace kita akan lock layer agar layer photo tidak bergeser.

LANGKAH KE-2

Kita akan langsung memulai trace dan akan kita mulai dari wajah terlebih dahulu dan kita akan membuat layer yang hanya khusus untuk sekitar wajah.

Ini adalah contoh gambar yang sudah di trace menggunakan pen tool. Agar nantinya vector terlihat mirip dengan aslinya maka objek yang di trace harus detail di sekitar wajah dan harus di trace dengan rapi dan selanjutnya kita akan trace bagian-bagian terpenting yang membuat vector itu menyerupai dengan aslinya.

Ini adalah gambar yang sudah di trace di sekitar wajah dan langkah selanjutnya adalah membuat rambut dengan layer yang berbeda.

LANGKAH KE-3

Kita akan membuat layer baru,gunanya adalah apabila terjadi kesalahan kita akan mengetahui letak path yang sudah kita buat dan itu akan memudahkan kita nantinya.

Selanjutnya kita akan trace rambut dan usahakan rapi dalam melakukan trace. Kita akan menghilangkan layer wajah sementara dengan cara klik ‘’Toggles Visibility’’ atau gambar mata yang ada di sebelah layer,agar kita mudah dalam melakukan trace selanjutnya.

Jika sudah melakukan trace pada rambut,selanjutnya kita akan trace pencahayaan pada rambut agar rambut tersebut terlihat real dan terkadang dalam melakukan trace seperti ini kita juga bisa berimajinasi dalam melakukan trace.

Jika sudah kita akan melakukan pewarnaan path,kali ini saya menggunakan pallet vector wajah dan klik lagi ”Toggles Visibility” yang sebelumya kita off kan.

Ini adalah contoh path yang sudah kita beri warna dan langkah selanjutnya adalah membuat bagian leher dan memberikan detail pada sekitar wajah contohnya shadow .

LANGKAH KE-4

Kita akan membuat layer baru lagi khusus untuk shadow di bagian wajah,selanjutnya kita akan membuat bagian leher dan detail-detail shadow agar objek terlihat seperti aslinya. Seperti sebelumya kita akan menggunakan pen tool untuk membuatnya dan mengandalkan imajinasi kita dalam membuat nya sesuai dengan gelap dan terangnya kondisi wajah.

Langkah pertama dalam membuat detail pada wajah adalah kita perlu menghilangkan sementara layer tersebut dengan klik symbol mata yang ada di sebelah layer.Selanjunya kita akan berimajinasi tata letak yang pas dalam meletakkan shadow di sekitar wajah.

Ini adalah contoh path yang telah dibuat menggunakan pen tool dan selanjutnya kita akan melakukan pewarnaan pada path. Path yang telah dibuat ini nantinya akan dijadikan sebagai detail shadow pada vector wajah.

Setelah memberikan detail pada area wajah bisa membuat vector terlihat lebih real. Dari sekian langkah-langkah tersebut hal yang sama akan kita lakukan dalam pembuatan kemeja,jas,dan dasi.

Ini adalah hasil akhir dari pembuatan vector wajah ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan vector wajah diperlukan ketelitian dalam meniru pola,oleh karena itu seringlah berlatih dan mengembangkan pen tool,maka hasil yang akan didapat juga semakin baik.

Terima kasih telah berkunjung ke kelasdesain.com dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Wassalamualaikum wr.wb

 

 

Leave a Reply