Membuat vector karakter di Adobe Illustrator

Assalamualaikum wr.wb. Selamat datang di Kelas Desain, Kali ini saya akan berbagi cara bagaimana ‘’Membuat vector karakter di Adobe Illustrator’’ . Langsung saja kita mulai proses pembuatannya. Langkah Pertama yang harus teman-teman lakuan adalah masukkan objek gambar yang sudah teman-teman buat dengan cara FILE > PLACE > PILIH GAMBAR.

Langkah kedua yaitu membuat line art dengan cara trace gambar yang sudah dibuat sebelumnya, usahakan dalam membuat line art rapi sesuai bentuk gambar .

Teman teman bias menggunakan pathfinder pada menu option WINDOW > PATHFINDER, menggunakan pathfinder ini sangat memudahkan kita dalam membuat karakter.

Langkah ketiga yaitu memberi pewarnaan pada line art yang sudah dibuat dengan pentool. Posisi layer pewarnaan di atas layer outine.

Langkah keempat memberi efek bayangan / shadow effect pada warna yang sebelumnya sudah dibuat dan dalam proses ini saya menggunakan pentool juga dalam membuat shadow dan highlight.

Langkah keempat ini sangatlah penting, karena saat kita membuat effect shadow pada karakter, maka karakter yang sudah kita buat akan lebih realistis.

Membuat karakter pada Adobe Illustrator susah susah gampang, tapi seiring waktu apabila teman- teman sering berlatih cara pembuatannya dan memahami tools yang sudah digunakan teman-teman akan terbiasa menggunakannya. Ini adalah hasil akhir dari proses pembuatan karakter di Adobe Illustrator.

Apabila teman-teman ada yang ingin ditanyakan seputar pembuatan karakter, teman-teman bisa mengirimkannya ke email yang sudah tertera.