Membuat Teks Melingkar dengan Photoshop

Langkah 1
Buat lingkaran dengan Ellipse Tool (U), agar benar-benar berupa lingkaran sempurna gunakan tombol SHIFT sambil klik dan drag pada area kerja photoshop.

Membuat-Teks-Efek-Melingkar-dengan-Photoshop-1

Langkah 2
Hilangkan warna fill pada shape 1 dengan cara menggeser ke kiri sampai 0% pada pallete layer. Klik Horizontal Type Tool dan arahkan mouse pointer ke garis lingkaran yang telah di buat sehingga mouse pointer berubah menyerupai gambar dibawah dan klik di garis tersebut. Ketikkan tulisan yang anda kehendaki, misalnya “Membuat Teks Melingkar dengan Photoshop”.

Membuat-Teks-Efek-Melingkar-dengan-Photoshop-2

Langkah 3
Untuk mengubah opsi mirror dan lain sebagainya Anda cukup menggunakan horizontal type tool (sebaiknya pindah tool move tool kemudian klik tool horizontal type tool dulu agar edit lebih mudah). Gunakan tombol keyboard CTRL + klik drag untuk mengubah susunan tulisan. Biasanya ada dipojok tulisan paling kiri, arahkan mouse Anda ke atasnya (horizontal type tool aktif) dan ikon akan berubah menjadi panah kecil seperti ikon next dan previous.I kon tersebut mengindikasikan awal dan akhir tulisan lingkaran.

Untuk efek mirror cukup klik drag ke dalam atau keluar lingkaran (arah drag atas bawah) sesuai dengan kondisi.

Membuat-Teks-Efek-Melingkar-dengan-Photoshop-3

Jika teks lingkaran sudah jadi, Anda bisa membuat teks lingkaran kedua dengan cara yang sama, namun sebaiknya menghidden layer teks sebelumnya dengan cara klik ikon mata pada layer teks tersebut. Teks lingkaran ini bekerja menggunakan path yang berdiri sendiri (tidak tergantung shape lingkaran yang sebelumnya dibuat). Pada kebutuhan tertentu teks lingkaran yang sudah jadi diedit/diubah agak lonjong, maka Anda bisa mengubahnya menggunakan Pen Tool.

Hasil
Dengan cara-cara diatas saya mendapatkan hasil berikut.

Membuat-Teks-Efek-Melingkar-dengan-Photoshop-4

 

By: Lizard Wijanarko www.ahlidesain.com.