Membuat Gif dengan Adobe Photoshop

Membuat Gif dengan Adobe Photoshop

Animasi gif sendiri dapat terdiri dari beberapa gambar yang di animasi menjadi satu dan saling berhubungan. Tutorial ini di buat sesederhana mungkin agar dapat di ikuti untuk belajar.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka Photoshop, lalu buat buat dokumen baru dengan width dan height 350, resolution 75.

gif1

  1. Karena yang akan kita buat adalah gif yang sederhana, buat saja bentuk gif dari gambar yang ada di Custom Shape Tool (U). contoh bentuknya di bawah ini.

gif2 gif3

  1. Buat shape pada layer yang berbeda dengan background. Setelah itu munculkan menu Animasi Window. Dengan memilih Window > Animasi. Animasi Frame ini berguna untuk mengoperasikan project animasi.

gif4 gif5gif6

  1. Set waktu durasi dari desain dengan klik kanan Selects frame delay time seperti yang di tunjukkan di gambar. Pilih lama durasi 0.1 second.

gif7

  1. Duplikat layer animasi dengan Ctrl + J dan perbanyak frame animasi dengan menekan Duplicates selested frames sampai terbentuk frame baru sebanyak yang di inginkan.

gif8gif9 gif10

Catatan :

Sekarang sudah terbentuk Layer Animasi dan Frame Animasi. Langkah selanjutnya dengan mengatur Indicates layer visibility (icon mata) pada setiap frame. Hal ini yang mempengaruhi hasil gif. Jika kalian bingung cara kerja  dari Indicates layer visibility (icon mata) coba pahami terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Jika Animation Frame yang aktif nomor 1 maka Animation Layer yang aktif juga harus nomor satu. Jika Animation Frame yang aktif 2 maka yang aktif juga harus Animation 2.

Jika kalian akan  menggerakkan gambar pastikan Indicates layer visibility (icon mata) yang tidak perlu harus dimatikan agar animasi gambar tidak bertumpuk. Jika kita beralih Frame Maka harus Beralih Layer juga. Layer animasi ini lah yang hanya perlu kita ubah.

6. Jika sudah melakukan pengaturan Indicates layer visibility (icon mata) buat animasi dengan menggerakkan layer animasi. Caranya, pilih frame animasi satu lalu pilih layer animasi satu tekan Move Tool pada Toolbox (V). Rubah posisi derajat sudutnya menjadi 60, Lakukan kepada layer selanjutnya dengan mengubah posisi derajat sudut.

gif11 gif12

Hasil Akhirnya

gif13

Post by : Ano Raga
Visit my blog : www.agadgtutor.blogspot.com