Membuat Galeri Foto Unik dengan Photoshop, Photostrip

0
366

Langkah 1

Pada langkah pertama ini dibutukan sedikit kemampuan menggunakan Pen Tool, bagi yang ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara menggunakan Pen Tool silakan membaca tutorial menggunakan Pen Tool yang saya posting beberapa waktu lalu.

Buat dokumen baru ukuran 1920 x 1200 pixel dengan resolusi 300 ppi dan pilih warna putih sebagai background. Setelah itu buat path seperti pada gambar berikut.

photoshop-foto-galeri

 

Langkah 2

Klik kanan path dan pilih Stroke Paths dengan Brush, jangan lupa sebelumnya atur diameter brush 5 px dengan hardness 100 % dan warna foreground merah. Maka kita telah membuat strip sebagai guide untuk tasformasi gambar kita selanjutnya.
tutorial membuat galeri foto unik dengan photoshop

photoshop-foto-galeri-1

 Langkah 3

Download beberapa gambar yang dibutuhkan:

gambar film
gambar rol film
beberapa gambar yang akan kita susun dalam galeri. disini saya gunakan gambar-gambar dari beberapa tutorial yang saya tulis sebelumnya, bisa juga kamu gunakan gambar punyamu sendiri atau gambar siapa aja.

Langkah 4

Buka gambar film dengan Photoshop, copy dan paste pada dokumen kita. Pada setiap kotak taruhlah gambar serta atur posisinya agar pas ditengah kotak. Pisahkan film satu-persatu. Film yang posisinya terletak pada bagian lekukan ubah bentuknya dengan tekan Ctrl+T, klik kanan pada kotak film dan pilih Warp. Geser tiap sudutnya sehingga kita dapati bagian tepi film membentuk seperti tepi strip. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

photoshop-foto-galeri-2

Langkah 5

Untuk lekukan kedua kita gunakan dua setengah kotak film, lakukan transform dengan Wrap seperti pada langkah sebelumnya.

photoshop-foto-galeri-3

Langkah 6

Untuk lekukan ketiga gunakan lima setengah kotak film, pada daerah lekukannya lakukan transform dengan Wrap seperti berikut.

photoshop-foto-galeri-4

ekukan terahir gunakan dua setengah kotak film, lakukan transform dengan Wrap seperti pada langkah sebelumnya

.photoshop-foto-galeri-5

Langkah 7

Untuk sementara kita dapatkan hasil seperti beriku

photoshop-foto-galeri-6

perhalus bagian-bagian tepi gambar yang kurang rata, sehingga kita dapati perubahannya seperti berikut.

photoshop-foto-galeri-7

 

Langkah 8

Langkah berikutnya adalah membuat bayang-bayang pada daerah lekukan. Dengan menggunakan Pen Tool buat seleksi seperti daerah lekukan, kemudian buat layer baru diatas layer yang akan diberi bayangan, dalam keadaan seleksi masih aktif buat gradient dari hitam #000000 ke transparent pada derah terseleksi.

photoshop-foto-galeri-8

Lakukan hal serupa untuk tiga daerah lekukan berikutnya

photoshop-foto-galeri-9

 

photoshop-foto-galeri-10

photoshop-foto-galeri-11

Langkah 9

Untuk membuatnya lebih kelihatan nyata, kita beri efek cahaya pada beberapa daerah lekukan. Langkahnya pertama buat seleksi berbentuk elips dengan Elliptical Marquee Tool. Klik Select > Transform Selection dan ubah posisi ssekaligus ukuran seleksi serta posisikan seperti tampak pada gambar berikut. Kemudian pilih Select > Modify > Feather buat radiusnya 50 px

photoshop-foto-galeri-12

Buat layer baru, letakkan di bagian paling atas, penuhi dengan warna putih #ffffff, ubah Opacity dan Fill menjadi 75% kemudian lakukan masking dengan seleksi seperti gambar berikut.

photoshop-foto-galeri-13

lakukan hal serupa pada lekukan paling bawah, tapi kali ini ubah Opacity laye menjadi 90% dan Fill 94%.

photoshop-foto-galeri-14

Langkah 10

Berikutnya buka gambar rol film ini dengan Photoshop, seleksi bagian gambarnya saja, copy dan paste pada dokumen kita. Letakkan layer rol film ini dibawah gambar photostrip, kemudian lakukan masking pada bagian paling kiri dari gambar photostrip agar nampak keluar dari rol film. Masking disini juga bisa dengan menghapus biasa menggunakan Eraser Tool.

photoshop-foto-galeri-15

Langkah 11

Buat seleksi pada separuh dokumen yang bawah, kemudian tarik gradient linear dari bawah ke atas, dari warna foreground #918f92 ke warna background #eef0ef.

photoshop-foto-galeri-16

Langkah 12

Langkah berikutnya adalah memberikan bayangan pada photostrip. Caranya pertama buat path seperti gambar dibawah, kemudian buat layer baru dibawah photostrip. Penuhi path dengan warna hitam #000000, atur opacity dan fill menjadi 50%, lalu klik Filter > Blur > Gaussian Blur isi radiusnya 4 px. Lakukan yang sama untuk ujung kiri.

photoshop-foto-galeri-17

photoshop-foto-galeri-18

Hasil Akhir

Inilah hasil akhir dari galeri foto yang kita buat. Selamat mencoba trik ini untuk membuat galeri unik dari gambar-gambarmu.

photostrip-preview

 

sumber:http://id.grafisia.com

 

Leave a Reply