Membuat Foto Sketsa Wajah dengan Photoshop

 

Dengan membuat efek sketsa foto terlihat lebih unik,yaitu dengan menggunakan Adobe Photoshop,bila ada sobat yang belum bisa membuat efek seketsa wajah,maka di artikel ini pasti sobat bisa membuatnya dengan mudah.pada tutorial ini saya akan mengajak anda untuk membuat bagaimana caranya mengkonversikan foto menjadi efek sketsa dengan aplikasi yaitu Adobe Photoshop.

1.Buka aplikasi adobe photoshop kemudian buka klik filre dan klik juga new agar lembar kerja yang akan kita gunakan muncul dan bisa mengerjakannya dengan mudah.

2.Pilih Rasterize layer-Image-adjustement-desaturate atau klik saja Shif+Ctrl+U pada keyboard untuk memberikan efek desaturate.maka foto akan berubah warna menjadi hitam putih seperti gambar di bawah ini.

3.Duplikasi layer dengan cara meng klik kanan pada layerbackground kemudian pilih duplicate layer atau bisa juga dengan menekan Ctrl+J.selanjutnya akan terlihat layer hasil duplikasi.

4.Langkah selanjutnya adalah membalikan warna foto pada layer hasil duplikasi tadi.pilih Image-adjustement-invert atau dapat menekan Ctrl+I pada keyboard.dan warna foto akan terbalik dan terlihat aneh seperti pada gambar di bawah ini.
6.Ganti mode layer yang tadi di duplikat dari normal menjadi Color Dodge seperti yang telah terlihat pada gambar yang di tandai dengan kotak berwarna orange.setelah melalui proses ini foto akan menghilang dari layer,hanya terlihat backround berwarna putih.

7.Selanjutnya berikan efek blur dengan cara memilih filter –blur-gaussian blur kemudian atur nilai radius.sesuikan nilai tersebut sambil meliat hasilnya pada gambar,saya akan menggunakan nilai 50 pixels.setelah mengatur nilai radius selanjutnya klik pada tombol ok.

8.Setelah memberikan efek gaussian blur maka gambarnya akan menjadi seperti berikut ini.sampai tahap ini proses membuat gambar dengan efek sketsa telah selesai dilakukan.

9.Langkah ini merupakan opsi tambahan,yaitu menambahkan tulisan pada gambar,gunakan horizontal type tool lalu ketikan teks yang di inginkan,berikut warna putih untuk teks.
10.Tmabahkan outline pada tilisan dengan cara klik ikon fx yang terdapat pada bagian bawah panel layer,kemudian pilih stroke.

 

11.pada panel layer style dengan pilihan stroke buatpengaturan pada gambar berikut.ganti warna pada bagian “color”dengan warna orange.untuk stroke berikan nilai 8px.lalu klik ok.

12.Turunkan nilai Fill menjadi 80% untuk layer teks yang telah di buat.
13.maka hasil akhirnya dari tutorial,membuat foto seketsa wajah ini.teman bisa saja lihat seperti pada gambar pertama di artikel ini ok.

Sekian artikel dari saya tentang Membuat Foto Sketsa Wajah dengan Photoshop semoga dengan adanya ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.