Membuat Foto Robek

image002

  1. Pada Toolbar pilih File–>Open ,untuk mengambil foto yang akan dijadikan objek foto sobek.
  2. Kemudian seleksi foto tersebut menggunakan LassoTool dan Simpan hasil seleksi dengan perintah Select–> Save Selection dengan cara klik kanan ditengah seleksi.
  3. Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis.

  4. Klik icon Load Channel as Selection

  5. Klik channel RGB. Langkah 4 dan 5 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata.

  6. Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi

  7. Pilih Layer Background kemudian tekan Ctrl + J untuk membuat layer background copy.

  8. Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy. Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect.

  9. Pilih Layer Background, kemudian beri warna putih dengan cara pilih menu Edit–>Fill–> dan Use = White dan Opacity=100%.

  10. Atur Layer 1 dan Background dengan Move tool dan atur Drop Show dengan cara klik 2 kali pada layer sehingga akan muncul jendela layer style.

SELAMAT MENCOBA!!!!!!!!

Ilmu desain grafis.