Membuat Efek Teks Metal Photoshop

0
217

x

      Untuk memberikan efek teks metal menggunakan Photoshop banyak filter-filter yang bisa digunakan, seperti filter chrome yang dimiliki Photoshop sendiri hingga plugin-plugin yang dibuat pihak ketiga. Semua filter tersebut bekerja tergantung pada layer pixels untuk mendapatkan efek metalik. Berbeda dengan penggunaan Layer Style yang memberikan kebebasan bagi kita untuk menerapkan efek teks secara langsung dan mengedit sesuai keinginan kita.

Berikut ini tutorial langkah demi langkah pengaturan dasar untuk membuat efek teks metal menggunakan Layer Style, sehingga anda dapat mengetahui bagaimana cara memodifikasinya nanti. Layer style yang digunakan disini adalah Bevel & Emboss untuk memberikan ketebalan dan style teks, Satin untuk mengatur efek pantulan dari metal, dan terakhir color overlay untuk mengatur warna yang diinginkan.

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Dokumen Baru.

Buat dokumen baru menggunakan Photoshop dengan cara memilih menu File>New atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard Ctrl+N. Pada kotak dialog New, isikan nama file, width dan height. Untuk Resolution isikan 300 pixels. Klik tombol OK.

xx

Gambar: Buat dokumen baru.

2. Tuliskan teks anda.

Klik icon Horizontal Type Tool Horizontal Type Tool pada Tool Panel. Kemudian atur jenis font, warna font dan ukuran pada option bar. Saya akan memilih huruf Cooper Std dan warna font abu-abu. Klik kotak warna kemudian isikan R:102, G:102, B:102. Kemudian klik dokumen dan ketikkan teks anda. Saya akan mengetikkan kata Metal. Secara default akan terbentuk layer baru di atas layer background dengan nama sesuai teks yang kita ketikkan, yaitu Metal. Jika sudah selesai mengetik, tekan tombol Ctrl+Enter.

Untuk mengatur ukuran dan posisi teks, gunakan perintah Free Transform. Tekan tombol Ctrl+T untuk mengaktifkan perintah Free Transform. Untuk mengubah ukuran teks, sambil menekan tombol Shift, klik di ujung kotak Free Transform kemudian drag. Tekan tombol panah untuk mengatur posisi teks pada dokumen. Tekan tombol Ctrl+Enter jika sudah selesai mengatur teks.

 

Option Bar Teks

Gambar: Option Bar untuk Teks

hGambar: Tuliskan teks anda

hh

Gambar: Gunakan Free Transform untuk mengatur ukuran dan mengatur posisinya.

3. Tambahkan Bevel & Emboss.

Berikan style Bevel & Emboss. Pilih menu Layer>Layer Style>Bevel & Emboss atau klik icon bergambar fx di bagian bawah layer panel untuk menampilkan pilihan menu Bevel & Emboss.

Pada kotak dialog Layer Style isikan pengaturan untuk Bevel & Emboss sebagai berikut: Technique pilih Chisel Hard, Size 12 px, Gloss Contour pilih Ring. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

hhh

Gambar: Pengaturan untuk Bevel & Emboss.

4. Tambahkan Contour.

Berikutnya tambahkan Contour untuk mengatur style pinggiran teks. Klik pada Contour yang berada di bawah Bevel & Emboss, klik pada drop down Contour kemudian pilih grafik Cone.

hhhh

Gambar: Pengaturan untuk Contour.

5. Tambahkan Satin.

Satin berguna untuk mengatur arah efek pantulan atau refleksi dari teks kita. Silahkan lihat gambar untuk contoh pengaturannya. Sesuaikan untuk kebutuhan anda.

hhhhh

Gambar: Pengaturan untuk Satin.

6. Tambahkan Color Overlay untuk mengubah warna.

Untuk mengatur warna teks, klik Color Overlay kemudian klik kotak warna untuk menampilkan Color Picker. Saya akan memberikan warna abu-abu jadi saya akan isikan R:102, G:102, B:102. Jika ingin membuat efek warna emas pilih warna oranye tua. Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Layer Syle.

j

Gambar: Pengaturan Color Overlay.

Selesai sudah efek teks metal kita yang sederhana. Berikut ini hasilnya:

jj

Gambar: Memberikan Efek Teks Metal pada teks.

Leave a Reply