Membuat efek pop art ala (andy warholl)

0
311

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat efek Pop Arts pada foto bergaya Andy-Warholl. ok dalam menambah wawasan dan pengetahuan anda, saya akan sedikit menjelasakan, Apakah itu Andy Warholl, Siapakah dia?

 Andy_Warhol

Andy Warhol (6 Agustus 1928 – 22 Februari 1987) adalah seorang seniman Amerika yang adalah seorang tokoh terkemuka dalam gerakan seni rupa yang dikenal sebagai seni pop art. Karya-karyanya mengeksplorasi hubungan antara ekspresi seni, budaya selebriti dan iklan yang berkembang pada 1960-an. Setelah karir yang sukses sebagai ilustrator komersial, Warhol menjadi artis terkenal dan kadang-kadang kontroversial. The Andy Warhol Museum di kota asalnya, Pittsburgh, Pennsylvania, memegang koleksi permanen yang luas seni dan arsip. Ini adalah museum terbesar di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk satu seniman. (sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Andy_Warhol )

Ok kita mulai saja tutorial Pop Art ala Andi Warhol

  1. Buka Program Photoshop, lalu masukkan (File > Open) foto yang akan kita edit. Disini saya menggunakan foto Bapak dari Microsoft : Mister Bill Gates

Gambar : Bill Gates

Bill Gates Young Picture

  1. Ok sekarang kita hapus backgroundnya, ada banyak cara menghapus background misalnya dengan Magic Eraser Tool, Atau dengan Memisahkan Background dengan Extract Tool, Memisahkan Background dengan Pen Tool. Kali ini karena backgroundnya tidak terlalu kompleks maka saya memilih Memisahkan background dengan Magic Eraser Tool.

magic_eraser_tool
Hasilnya seperti ini : Catatan : saya memakai “Tolerance = 9”, agar jas Bill Gates tidak ikut terhapus.

Gambar : Hasil Magic Eraser Tool (Background Hilang)

  1. Ok sekarang kita berikan sedikit penghapusan pada bagian Kemeja Pak Bill Gates, Kalian bisa menggunakan Eraser Tool atau jika sudah menguasai tehnik masking maka saya lebih merekomendasikan Tehnik Masking dengan Photoshop yang telah saya jelaskan di tutorial terdahulu.
    Hasilnya :
    masking-photo
    Gambar : Masking Photo
  2. Tekan “Shift + Ctrl + U” (untuk merubah warna foto menjadi hitam putih)
    efek-black-white
    Gambar : Efek Desaturate

Anda juga bisa mengatur Brightness/Contrast… (Klik : Image >> Adjustments >> Brightness/Contrast ).
Secara tehnik tidak ada patokan / setting khusus, jadi intinya buatlah foto menjadi lebih dramatik. hehehe

Ok setelah itu klik Filter >> Artistic >> Cutout…
cutout
Gambar : Cutout Setting
Oh ya, Bersihkan bintik – bintik di sekitar telinga Object dengan Eraser Tool supaya sedikit rapi.

  1. Ok sekarang warnai foto, caranya tekan “Ctrl + U”
    Centang “Colorize”, atur warna yang diinginkan
    colorize
    Gambar : Colorize (Pewarnaan)
  • Ok sekarang waktunya memberikan background yang kontras, biar lebih POP ARTS,
    klik “Create a new layer” untuk mendapatkan layer baru (lihat panah paling bawah). Lalu setelah itu drag “layer 1” di pallete layer tersebut ke bagian bawah lalu warnai dengan “Paint Bucket Tool”, kali ini saya mewarnai dengan kuning. Dimana Pallete Layer gan? waktunya belajar dari dasar : Lihat Layout Photoshop
    poparts
    Gambar : Pop Arts

  • Ok sekarang waktunya menggroup, tekan dan tahan tombol Ctrl lalu klik layer 1 dan layer 0 untuk mendapatkan kedua layer kemudian tekan “Ctrl + G” , sehingga akan muncul “Group 1” di layer pallete.
    group-popart
    Gambar : Group Layer

  • Catatan : Fasilitas ini belum ada di photoshop 7. Jadi kami sarankan untuk menggunakan Photoshop minimal CS3

    Sekarang tekan Alt + Ctrl + C untuk mengatur besarnya kanvas kerja anda, disini saya kalikan 2 dari hasil yang muncul agar saya bisa mendapat 4 ruang bagi pop art saya nantinya.
    Contoh : Jika disitu tertulis 300 px maka ubah jadi 600 px – berlaku untuk width dan height.
    Ok sudah tahu kan maksud saya, setelah itu tekan OK.

    Geser gambar ke tepi atas dengan Move Tool.

    Setelah itu duplicate Group dengan cara klik kanak “Group 1” pada pallete layer lalu klik “Duplicate Group”. Muncul window isilah dengan nama group, disini agar mudah saya namakan group 2
    duplicate-group
    Gambar : Duplicate Group

    Lakukan sebanyak 3 kali hingga akhirnya kita punya group 1 , group 2 , group 3 dan group 4.
    Atur gambar sesuai petunjuk di bawah ini :
    Atur dengan Move Tool. Group 1 taruh kiri atas, group 2 taruh / geser ke kanan atas. Group 3 kiri bawah, group 4 kanan bawah.
    group-popart
    Gambar : Group pop arts

    Ok sekarang anda tinggal mewarnai backgroundnya, disini saya mencontohkan dengan mewarnai background group 2, caranya klik panah kecil dekat group untuk melihat isi dari group file lalu klik pada bagian Layer 1 Copy (background kuning). Ubah warnanya dengan cara Klik : “Layer >> Layer Style >> Color Overlay…” klik warna dan “Warnai biru”
    color-popart
    Gambar : pewarnaan background Group 2

    Sekarang waktunya mewarnai Pak Bill Gates, Untuk mewarnai object (Mister Bill Gates) maka anda bisa menggunakan cara pewarnaan sebelumnya yaitu klik / aktifkan (Layer 0 Copy) dari pak Bill Gates lalu Tekan “Ctrl + U”, centang Colorize, atur warnanya sesuai keinginan. Settinglah semua group mulai group 2 hingga 4. Dan, Secara garis besar hasilnya adalah seperti ini :
    andy-warholl-bill-gates
    Gambar : Andy Warholl Style Pop Art

    Leave a Reply