Membuat Efek Montase Polaroid Dengan Photoshop

    sabtu,23/08/2014

    1. Membuat Layer Background

    polaroid-pic1

    Klik gambar untuk memperbesar
    Buka foto / gambar yang akan diedit. Duplikat layer dengan menekan Ctrl+J.  Buat layer untuk background dengan klik ‘Create new fill or adjustment layer’ pada tombol dibawah lalu pilih ‘Solid Color’.  Isi dengan warna hitam atau warna lain sesuai selera.  Pindahkan layer background warna dengan men-drag  dan meletakkan diantara dua dua layer foto yang sudah ada.
    2. Membuat Area Foto Polaroid

    polaroid-pic2

    Buatlah layer baru dengan klik ‘Create a New Layer’ pada tombol bawah.  Letakkan layer baru tersebut diatas layer background warna hitam.  Buatlah area kotak menggunakan Marquee Tool (M).  Ukuran sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kemudian beri warna hitam pada kotak marquee tersebut.
    3. Membuat Clipping Mask

    polaroid-pic3

    Clipping mask merupakan bagian terpenting pada tutorial ini untuk membuat frame polaroid.  Ada dua cara membuat clipping mask; (1) Aktifkan layer 1 yang berisi foto.  Klik kanan pada layer foto dan klik ‘Create Clipping Mask’ – (2) Tekan dan tahan tombol ALT kemudian letakkan mouse diperpotongan antara layer background dan layer foto sehinggan muncul dua lingkaran lalu klik.  Maka akan terlihat bahwa hanya kotak tersebut yang berisi foto.

    4. Membuat Border Polaroid

    polaroid-pic5

    Pilih / aktifkan layer background hitam / Color Fill 1.  Buat layer baru dengan klik ‘Create a new layer’. Menggunakan Marquee Tool (M) buatlah area kotak yang lebuh lebar daripada area foto yang terlihat.  Buat sisi bawah lebih lebar daripada sisi lain (bentuk dasar polaroid).  Isilah dengan warna putih pada area tersebut.
    Pada layer warna putih tersebut, berikanlah efek bayangan dengan Layer Style > Drop Shadow, fungsinya untuk membuat dimensi ketika frame bertumpuk.  Buat link antara layer 2 dan layer 3 (hitam dan putih) untuk memudahkan pada proses rotasi.
    5. Duplikasi

    polaroid-pic5

    Untuk membuat frame polaroid menjadi bertumpuk maka kita perlu melakukan duplikasi. Tekan Shift atau Ctrl kemudian pilih layer 1,2,3. Drag ke ‘Create a new layer‘ dibagian bawah layer palette untuk menggandakannya. Setelah itu geserlah ke kanan atau ke kiri sesuai posisi yang diinginkan.  Pilih layer 2 atau layer 3, tekan Ctrl+T lalu putarlah frame pada sudut lain yang bervariasi.
    6. Perbanyak Duplikasi

    polaroid-pic6

    Ulangi langkah no. 5 tersebut sehingga mendapatkan banyak frame polaroid dengan posisi yang berbeda dan lebih bervariasi.
    modelfinal

    ungkitan:vansaefanda