Tutorial Cara Membuat Efek Contour Tebal Tipis Pada Objek Di CorelDRAW

hay guys, kali ini saya akan membagikan tutorial lagi nihh hehehe. tutorialnya bagaimana cara membuat efek counter tebal tipis pada objek di corel draw.berikut langkah langkahnya

  1. Ketik hurufnya,selanjutnya Break Apart huruf yang telah di ketik tersebut atau cara pintas pijit Ctrl+K di Keyboard, dan seleksi semua huruf tersebut trus pijit tombol Ctrl+Q (Convert To Curves) dan Ctrl+L (Combine) selanjutnya edit menggunakan Shape tool di Toolbox untuk memodifikasi objek.
  2. selanjutnya beri outline dengan klik kanan pada warna hitam di Color Palette, dan klik pada tanda silang untuk menghapus warna pada isi objek, sehingga hasilnya seperti ini.
  3. kemudian Klik tombol Contour di Toolbox, pada Property bar atur seperti yang saya lingkari merah, setelah dianggap cocok hasil contournya, pijit Ctrl+K di keyboard untuk memisah objek efek contour, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini.
  4. Duplicate objek hasil contour dengan Ctrl+D di Keyboard, kemudian geser kesamping sedikit, beri warna merah agar tidak sulit menentukan objek yang sama, kemudian Trim, caranya yaitu seleksi dengan klik objek warna merah yang fungsinya sebagai objek pemotong, kemudian seleksi dengan Shift+klik objek yang warna hitam, objek ini adalah objek yang dipotong (di Trim), selanjutnya pada Property bar pijit tombol Trim.
  5. Karena objek pemotong yang warna merah sudah tidak diperlukan lagi maka di Delete, dan objek hasil pemotongan beri warna hitam dengan klik warna hitam pada Color Palette, sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
  6. Langkah berikutnya, seleksi objek text yang sudah di Convert tadi dan beri warna putih, kemudian lakukan proses seperti langkah nomor 3 yaitu membuat efek Contour,
  7. setelah di effect counter lalu pisahkan objek yang sudah di counter tadi yaitu klik ctrl-k, kemudian gabungin lagi objeknya dengan klik shift-klik dan combine kan.
  8. dan kasih warna hitam objek yang sudah di combine

cukup rumit ya kelihatannya, iya emang cukup rumit kalo ngelihatnya saja tanpa dipraktekin. kalo udah dipraktekin malah gampang banget guys

ok selamat mencoba ya guys, semoga bermanfaat