Membuat CV di Photoshop

1
10510

Halo semuanya, CV atau Curriculum vitae adalah tulisan atau informasi seseorang dalam pengalaman kerja dan kemampuan dalam suatu bidang kerja untuk mendapatkan kesempatan bekerja disebuah perusahaan.

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa CV amat lah penting bagi seseorang. Disini saya akan menjelaskan bagaimana saya membuat CV seperti gambar di atas.

Umumnya bentuk CV hanya tulisan dan gambar foto seseorang namun alangkah baiknya sebuat CV dibentuk atau didesain ulang agar penampilan tampak lebih enak dilihat, sebagai contoh:

Berikut langkah – langkah yang saya lakukan dalam mendesain CV tersebut :

  • Aplikasi desain yang saya gunakan Adobe Photoshop namun juga bisa menggunakan Adobe Illustrator seperti tutorial CV Desain dg Adobe Illustrator
  • Kemudian saya menggunakan ukuran kertas A4 untuk membuat CV tersebut
Langkah awal membuat dokumen baru di PS (Photoshop)
Langkah awal membuat dokumen baru di PS (Photoshop)
  • Langkah selanjutnya memulai membentuk bagian – bagian dalam desain CV. Untuk membuat atau menampilkan icon – icon tampak seperti dalam CV saya, kita dapat mencari di berbagai sumber market place desain grafis di google sedangkan untuk membuat shape/bentuk dan edit foto saya gunakan tool yang ada di Photoshop.
  • Bagian strategis yang diperlukan dalam CV ini diantaranya:
Bagian profile pribadi
Bagian profile pribadi
  •  Bagian profil pribadi yang terdapat informasi umum yang diperlukan (nama, lokasi tinggal tidak perlu detail, no telp dan email serta sedikit karakter kita untuk memberi kesan kuat dalam dunia kerja.
Bagian utama dalam sebuah CV
Bagian utama dalam sebuah CV
  • Cukup sederhana saya dalam membuat CV dimana bagian utama beberapa pengalaman terakhir dalam dunia kerja dan ini perlu diingat urutan tahun terakhir diletakan dibagian atas dilanjutkan urutan kebawah untuk tahun – tahun terdahulu dan ini berlaku untuk informasi pendidikan formal ataupun non formal.
  • Perhatikan bagian keahlian banyak ide desain yang bisa kita buat dengan bentuk bar progress.
  • Bagian lain yang dapat kita tingkatkan ialah sedikit sentuhan detail yang akan mempercantik desain CV kita, seperti pemilihan warna yang lembut, icon – icon yang simple dan unik.
  • Setelah selesai membuat CV jangan lupa untuk di save.
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim CV seperti menggunakan format PDF, ukuran file tidak besar, usahakan dibawah 300KB, informasi terkini/updated CV.

Sekian dan wassalam wr.wb

SHARE
Previous articledesain poster RGI
Next articleTugas Curiculum Vitae

1 COMMENT

Leave a Reply