Membuat Background Awan dengan Brush Tool

Langkah pertama untuk membuat background awan adalah menyiapkan terlebih dulu kanvas kerja yang baru. Tekan Ctrl+N. Dalam kotak dialog “New”, pilih Preset: Custom, isi Width: 800, Height: 600, Resolution: 72, Background Contents: White, setelah itu tekan OK.

Selanjutnya, kita akan membuat warna Gradient biru sebagai warna langitnya. Untuk itu, klik warna Foreground yang ada di dalam toolbox.
1
Di dalam kotak dialog Color Picker (Foreground Color), isikan kode warna: #0e1d8c, lalu tekan OK.
2
Sekarang, klik warna Background yang ada di dalam Toolbox.
3
Di dalam kotak dialog Color Picker (Background Color), isikan kode warna: #18b0ff, lalu tekan tekan OK.

Pilih Gradient Tool di Toolbox.
4
Klik-tahan, lalu tarik Gradient Tool secara vertikal dari atas ke bawah sambil menekan tombol Shift agar menghasilkan tarikan yang lurus. Anda dapat melakukannya secara berulang-ulang jika merasa warna Gradient yang dihasilkan kurang cocok atau tidak sesuai dengan keinginan.
5
Tekan D lalu X untuk mengatur warna Foreground dan Background menjadi Putih dan Hitam.
6
Pilih Brush Tool di Toolbox.
7
Di Properti Bar, atur Opacity menjadi 90% dan Flow 100%.
8
“Klik kanan” di atas kanvas kerja untuk memunculkan kotak dialog Brush Tool. Tentukan ukuran Brush dengan menggeser Slider, kemudian “double klik” pada jenis Brush awan yang kita pilih.
9
Klik “Brush Awan” di area kanvas kerja. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
10
Pilih Brush Awan yang lain, lakukan seperti cara di atas dan tempatkan di beberapa area lainnya. Hasilnya kurang lebih terlihat seperti gambar di bawah ini.
11
Simpan (Save) Background awan tersebut agar nanti dapat anda gunakan kembali untuk berbagai keperluan. Menambahkan foto anda sendiri misalnya, atau memberi teks di dalamnya.
12
http://parkahpurnama.blogspot.com/2013/11/membuat-background-awan-dengan-brush.html