Memaksimalkan kinerja Adobe Photoshop dengan pengaturan “Performance”

Seringakali dengan kemampuan pas-pasan komputer atau laptop kita maka aplikasi Adobe Photoshop berhenti hingga mengakibatkan komputer tidak dapat dioperasikan alias hang, tentu kejadian ini membuat kita kesal sekali. Pastikan hal pertama disaat kita akan menggunakan sebuah perangkat lunak baiknya perhatikan spesifikasi perangkat keras yang kita gunakan. Jangan memaksakan sesuatu yang bukan kapasitasnya.

Berikut ini beberapa hal agar dapat membantu meningkatkan kinerja Adobe Photoshop pada komputer atau laptop yang kita gunakan.

Membersihkan informasi yang tersimpan pada RAM yang mengakibatkan cepat turun drastis, informasi yang tersimpan pada RAM ini ialah data history dan informasi Copy Paste yang ada disaat itu. Langkah mudah membersihkan RAM agar sedikit tidak terbebani dengan cara “Purge” dan kita dapat memilih informasi apa saja yang ingin dibersihkan atau keseluruhan dan ini dengan langkah memilih menu Edit > Purge > All.Langkah selanjutnya yang dapat meringankan beban RAM atau perangkat keras yang kita gunakan ialah mengatur ukuran thumbnail pada panel window yang kita gunakan. Disini seperti tampak pada thumbnail Layers dengan mengakses icon perintah pada bagian panel layer kanan atas dan akan tampil seperti gambar dibawah ini dilanjutkan memilih Panel Option…Kotak dialog seperti gambar dibawah ini memberi pilihan seberapa besar ukuran thumbnail yang akan kita pilih dan ini dapat meringankan kerja RAM komputer/laptop kita.Bagian akhir yang dapat disampaikan dalam artikel ini ialah penggunaan Preferences > Performance pada Adobe Photoshop dan ini cukup membantu meringankan kerja RAM.Sebagaimana ditampilkan pada gambar dibawah ini dibagian kiri terdapat pengaturan Memory Usage disini penulis sesuaikan dengan membagi dua 50% untuk Adobe Photoshop. Pada bagian kanan dapat diperhatikan ada history states yang merupakan berapa langkah history yang akan disimpan pada sistem ini dan jika memang RAM Anda cukup tinggi diatas 4GB maka makin tinggi nilai yang dapat digunakan, namun jika RAM yang kita miliki sekitar 4GB maka baiknya disesuaikan dan nilai makin rendah tentu makin sedikit langkah/history yang tersimpan. Berikutnya ialah Cache Levels yang merupakan berapa jumlah tahapan zoom out dan zoom in yang bisa dilakukan dengan pembagian hitungan persen (100% dan seterusnya).Demikian sedikit trik yang bisa kita lakukan agar dapat dengan nyaman menggunakan Adobe Photoshop pada komputer atau laptop kita.