Pengertian photo Manipulasi

 

assalamu’alaikum wr.wb,Nah dalam kali ini saya ingin ngasih pencerahan dikit nih, lumayan lah buat ngenyangin perut mah, oke kita lanjut yaitu berupa maipulasi foto menggunakan ‘ADOBE PHOTOSHOP’, yah meskipun saya bikin dalam versi CS5.1 tapi saya yakin masih bisa di apliaksikan untuk versi di bawahnya. saya juga pengen ngasih tutorial yang cukup sih  yaaa gak susah-susah ametlah, saya hanya ingin ngasih tutorial PHOTO MANIPULATION mendingan ane jelasin dulu ya apa yg dimaksud dengan photo manipulation biar gak bingung oke..

Manipulasi foto(menipu) adalah aplikasi editing gambar teknik untuk foto-foto dalam rangka menciptakan ilusi atau penipuan (berbeda dengan tambahan belaka atau koreksi), melalui cara-cara analog atau digital.

Dalam digital editing, foto-foto biasanya sih dicomot pake kamera digital dan di masukan langsung ke komputer. Transparansi, negatif atau foto dicetak juga dapat didigitalkan ngegunain scanner, atau gambar dapat dicomot dari database stok fotografi. Dengan munculnya komputer, tablet grafis, dan kamera digital, mengedit gambar jangka mencakup segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk foto, baik dalam ruang gelap atau di komputer. Manipulasi foto seringkali jauh lebih gampang dan tidak berbelit-belit daripada perubahan halus untuk keseimbangan warna atau kontras dan mungkin melibatkan overlay/hamparan kepala ke tubuh yang berbeda atau mengubah teks tanda, misalnya. Editing gambar perangkat lunak dapat digunakan untuk menerapkan efek dan ngerubah komponen gambar sampe hasil yang dicita-citakan tercapai. Gambar yang dihasilkan mungkin punya sedikit kemiripan atau tidak ke foto yang mana ia berasal,malam ini (karna bikinnya malem-malem), manipulasi foto secara luas dan menyeluruh diterima sebagai bentuk seni.

Dan juga menurut pendapat ahlinya dan termasuk saya juga sih di dalamnyaJ setelah selama ini dalam dunia maipulasi foto hasil yang baik tidak hanya di tentukan oleh software atau pun hardware yang canggih, tapi juga di tentukan oleh sentuhan sang seniman dan kualitas orang tersebut. Sebagai contoh mungkin nanti saat anda mencoba beberapa tutorial dari orang-orang atau dari saya dan mencoba membandingkan dan membedakanya pasti hasilnya akan memiliki beberapa perbedaan dan itu fakta menurut saya sih wajarlah.

Ini contoh beberapa dari hasil maipulasi poto saya :

ya gak jelek-jelek ametlah tapi luamayan kan bro 😀

oh iya kalo ada yang mau request tutorial atau ada pertanyaan seputar photoshop atau yang lain bolehlah bisa tanya saya lewat email:acepnugraha18@gmail.com atau bisa kunjungi blog saya apnagraphic.com (promosi dikit)mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf ya wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

 

sekian dan terima kasih.