Manipulasi Gambar Dengan Photoshop

0
178

 

Sebelum melakukan sebuah kegiatan manipulasi gambar ada beberapa hal yang patut dipersiapkan

Yang paling utama adalah memilih tema yang akan dibuat , stok gambar yang akan kita croping untuk digambungkan / disatukan usahakan gambar  memiliki tingkat resolusi yang tinggi, agar hasilnya tidak pecah.

Selain tema dan foto / gambar ada hal lain yang perlu diperhatikan diantaranya ukuran layout sebuah desain, nantinya mau diaplikasikan / diterapkan pada media cetak apa.

Buka apliksi photoshop anda, buat lembar kerja sesuai dengan kebutuhan

Tanpa menunggu lama,  langsung saja kita mulai proses editing berupa croping beberapa objek gambar yang akan kita jadikan objek .

Croping bisa kita lakukan dengan beberapa macam tool , mulai dari lasso tool, polygon lasso tool dan magnetic lasso tool. Lasso tool merupakan tool croping yang bisa kita buat sesuai tarikan pola yang membentuk garis croping. Polygon lasso tool merupakan tool yang berupa garis yang akan muncul jika kita klik kiri mouse, garis akan muncul sebagai penghubung  antar titik pada media yang kita croping. Magnetic lasso tool, tools croping otomatis yang akan mengikuti perbedaan warna pada objek , tool ini lebih cepat untuk proses croping  namun hasilnya kurang maksimal apabila perbedaan warna objek tidak kontras. Dari beberapa tools croping polygon lasso tool lebih saya utamakan karena hasil yang diperoleh lebih maksimal. Gunakan eraser tool apabia ada hasil croping yang kurang maksimal , untuk merubah ukuran eraser besar atau kecil tekan tombol … {.. atau… }..

Selain croping tata letak layers pada pthotoshop juga harus diperhatikan , jangan sampai posisi gambar tertukar posisi antara atas dan bawah / depan ,belakang. Usahakan dalam membuat layers baru diberi nama atau inisial agar mempermudah anda dalam proses editing.

Untuk merubah ukuran objek tekan tombol Ctrl + T, lalu tekan Shift dan tarik sesuai kebutuhan. Menekan  tombol shift pada saat memperbesar atau mengecilkan gambar punya tujuan agar gambar tetap proposri sesuai dimensi awalnya hanya saja ukurannya jadi besar atau mengecil. Tekan enter setelah selasai

Brush tool bisa kita gunakan untuk membuat awan  atau efek lainnya pada sebuah objek , untuk merubah ukuran brush tool menjadi  besar atau kecil tekan tombol kurung kurawal buka atau tutup.

 

Untuk mengatur  warna atau kontras dari objek yang telah kita croping bisa kita gunakan opacity atau fill atur persentasi dari menu yang tersedia sesuai kebutuhan.  Menu ini berada dalam bagian atas  layers.

Dalam proses manipulasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya

Perhatikan kesamaan warna antara objek yang kita gabungkan agar tidak terlihat aneh antara yang jauh dan yang dekat.

Hasil croping diusahakan tidak cacat atau terlihat aneh

Teliti kembali hasil editing yang telah dibuat agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan

Cukup sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat, silakan mencoba dan berkreasisemoga berhasil.

 

 

Leave a Reply