Macam-macam Aliran Desain

Dari masa ke masa tren desain selalu berubah, dari yang klasik hingga kemodren, dari retro hingga kontemporer, semuanya berubah bagaikan air yang mengikuti arus sungai. mengikuti sesuai perkembangan zaman yang semakin maju. Berikut ini adalah beberapa aliran desain grafis yang ada didunia.

1.Bauhaus

Bauhaus dalam bahasa Inggris berarti ”House of Building ” atau ”Building of School “, yang artinya bangunan rumah atau bangunan sekolah, yang berdiri di Jerman, digunakan untuk membantu perkembangan dunia desain dengan menggabungkan antara seni crafting dengan seni murni. Bauhausi dibangun pada tahun 1919 kemudian di tutup pada tahun 1933. Sekolah Bauhaus ini dibangun oleh seorang berkebangsaan Jerman di Weimar, bernama Walter Gropius. Gaya Bauhaus ini banyak mempengaruhi beberapa perkembangan arsitektur modern dan dunia desain modern, yang kemudian berkembang dalam seni, arsitektur, desain grafis, desain interior, industri desain, dan tipografi.

Sekolah ini berdiri di tiga kota dalam negara Jerman, diantaranya di Weimar (1919-1925), Dessau (1925-1932), dan di Berlin (1932-1933) dibawah penanganan tiga direktur arsitek, yaitu Gropius (1919-1927), Hannes Meyer (1927-1930), dan Ludwig Mies van der Rohe (1930-1933) yang merupakan tahun terakhir dimana kemudian sekolah ini ditutup pada masa Rezim Nazi di Jerman. Walter Adolph Georg Gropius adalah seorang arsitek Jerman dan pendiri Bauhaus. Bersama dengan Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier ia dianggap sebagai satu dari pioneer ahli arsitektur modern.

Pada tahun 1919, Gropius diangkat sebagai kepala dari Grand-Ducal Saxon School of Arts and Crafts. Sekolah inilah yang diubahnya menjadi Bauhaus yang terkenal di seluruh dunia. Pada tahun 1923 dengan dibantu oleh Gareth Steele, Gropius mendesain handel pintu yang sekarang dijadikan sebagai icon desain abad 20, dan dianggap sebagai salah satu desain yang paling berpengaruh dalam aliran Bauhaus.

Gropius meninggal tahun 1969 di Boston Massachusetts, pada umur 86. Hinga sekarang ia dikenang bukan hanya dari berbagai bangunan yang dia bangun tapi juga dari distrik Gropiusstadt di Berlin.

 

Tokohnya antara lain:

  • Walter Gropius
  • Mies Van Der Rohe
  • Hannes Mayer.

 

2.Art Deco

Art Deco gaya ini popular pada tahun 1920 hingga 1939, banyak digunakan pada desain arsitektur , desain industri, desain interior, lukisan, seni grafis dan film. Nama Art Deco berasal dari pameran yang berjudul Paris exposition des Art Decoratifs et industries pada tahun 1925 di Perancis. Art deco, dalam pengertian tertentu, adalah gabungan dari berbagai gaya dan gerakan pada awal abad ke-20, termasuk Konstruksionisme, Kubisme, Modernisme, Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme. Art Deco sangat terkenal dengan mobil, kapal Laut dan pesawat terbang yang dianggap sebagai simbol modernitas. Popularitas Art Deco memuncak pada 1920-an, meskipun banyak gerakan desain mempunyai akar atau maksud politik atau filsafati, Art Deco murni bersifat dekoratif. Pada masa itu, gaya ini dianggap anggun, fungsional, dan ultra modern.

 

Dalam desain grafis tokoh Art Deco yang terkenal, terutama di Prerancis adalah AM, Cassandre, Jean Carlu. Pada Desain Art Deco banyak mengunakan gradasi warna yang halus serta warna yang mengesankan efek kilauan atau lengkungan logam. Desain Art Deco banyak menggunakan bahan-bahan mahal dan sedikit ornamen hias. Ornamen yang digunakan lebih beratuan dan banyak menggunakan garis-garis lurus atau persegi (rectilinear).

 

Gaya Art Deco dipengaruhi oleh aliran Kubisme dan Fauvisme serta juga gaya Mesir dan Indian Aztec, Amerika Selatan. Selain itu pula gaya pedesain-pedesain Moderisme awal seperti Josef Hoffmann, Frank Lioyd Wright, Adolf Loos juga banyak diserap ke dalam Art Deco. Art Deco menyebar di berbagai negara Eropa. Perancis sebagai pusat Art Deco telah memiliki sekolah seni dekoratif The Martine School sejak tahun 1911. Di Jerman, gaya geometris Bauhaus dibagungkan dengan bentuk-bentuk yang ekspresif banyak dimanfaatkan oleh para pedesain. Di Swiss gaya Art Deco merupakan asimilasi antara gaya Art Deco Perancis Yang romantic dan gaya Art deco Jerman yang menghasilkan gaya khas Swiss. Di negara-negara seperti Italia, Inggris dan Amerika gaya Art Deco pun bayak digemari. Di Amerika gaya Art Deco dipengaruhi oleh ornament-ornamen Indian Amerika Utara ataupun Indian Aztec. New York dianggap sebagai ibukota Art Deco di Amerika

 
Tokohnya antara lain :

  • Paul Follot
  • Pierre Chareau
  • Clement Rousseau.

3.Art and craft movement

Gerakan seni dan kriya atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai art and craft movement adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebagai penyebab utama hilangnya keindahan individual.Pada gerakan ini, mesin dianggap menghantui seni dari pertukangan ( industri ) karena barang yang dikerjakan mesin sudah menjadi standarisasi sendiri. Gerakan ini ingin menjadikan seni sebagai bagian dari komunitas dan seniman seharusnya juga seorang perajin kriya.

 

Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, rococo dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.

Tokohnya antara lain :

 

Willian Morris

Owen Jones

Gustav Sticley

Aubrey Breadsley

secara garis besar, art and craft movement terbagi atas ua aliran besar, yaitu:

Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis.

Stilasis desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau.

4.Art Nouveau

Art Nouveau adalah internasional filsafat dan gaya seni, arsitektur dan seni terapan -terutama seni dekoratif -yang paling populer selama 1890-1910. Inggris menggunakan nama Perancis “Art Nouveau” (“seni baru”), tapi gaya memiliki banyak nama yang berbeda di negara lain. Sebuah reaksi terhadap seni akademis dari abad ke-19, itu terinspirasi oleh bentuk-bentuk alam dan struktur, tidak hanya di bunga dan tanaman tetapi juga dalam garis lengkung. Arsitek mencoba untuk menyelaraskan dengan lingkungan alam.

Art Nouveau dianggap sebagai “total” gaya, merangkul arsitektur, seni grafis , desain interior, dan sebagian besar seni dekoratif termasuk perhiasan , furniture, tekstil, perak rumah tangga dan peralatan lainnya dan pencahayaan , serta seni rupa . Menurut filosofi gaya, seni harus menjadi cara hidup. Bagi banyak orang Eropa, hal itu mungkin untuk hidup dalam seni nouveau rumah-terinspirasi dengan seni nouveau furnitur, perak, peralatannya, perhiasan, kotak rokok, dll Artis yang diinginkan untuk menggabungkan seni rupa dan seni terapan, bahkan untuk objek utilitarian.

Meskipun Art Nouveau digantikan oleh abad ke-20 Modernis gaya, yang sekarang dianggap sebagai sebuah transisi penting antara gaya eklektik kebangkitan bersejarah dari abad ke-19-dan modernisme.

Tokohnya diantara lain :

  • Charles Rennie Mackintosh
  • Henry Van De Velde
  • Antoni Gaudi

Demikianlah tentang jenis aliran art design semoga bermanfaat,dan wasallam.

sumber gambar : google