Logo dan Hubungannya Dengan Desain Grafis

Logo dan Hubungannya Dengan Desain Grafis

 

Ada yang lagi jalan-jalan terus di billboard ketemu gambar di atas produk tapi kamu nggak ngerti artinya? terus kamu masuk ke toko langsung disambut gambar yang lagi-lagi kamu nggak ngerti maksudnya? atau masih kesel gara-gara dapat instruksi dari temen yang nyuruh beliin sesuatu yang dia hanya ngasih sample gambar dan sekali lagi kamu nggak tau itu gambar apa?

tenang… simak dulu yuk, informasi di bawah.

kali ini yang saya bahas tak jauh hubungannya dengan ‘gambar’. Ya. Logo maksud saya. Sudah tahukah apa itu logo? Yap, logo merupakan sebuah gambar atau sketsa dari sebuah produk, lembaga, negara dan lain-lain yang dapat mewakili arti sebenarnya dengan tujuan mempersingkat atau membuat lebih simpel sesuatu sehingga mudah diingat oleh banyak orang. Tujuan dari penggunaan logo sendiri adalah untuk menjadikan identitas dari sesuatu yang di-logokan tersebut. Logo juga banyak macamnya yaitu:

  1. Logo Wordmark

Dari namanya sudak ketahuan kalau logo jenis ini menggunakan tulisan langsung sebagai identitasnya. Tulisan dalam logo tersebut dapat berupa tulisan langsung maupun singkatan. Misalnya logo Disney yang ia menggunakan tulisan Disney sebagai ciri khasnya.

  1. Logo Pictorial

Yaitu jenis logo yang hanya menggunakan gambar yang dapat mewakili dari barang tertentu tanpa adanya tambahan teks. Contoh logo pictorial yaitu logo perusahaan Apple dengan gambar apelnya yang khas.

  1. Logo Abstract Mark

Adalah jenis logo yang menggunakan bentuk abstrak dan adanya penambahan teks pada bentuk abstrak tersebut. Misaknya logo pada Indosat.

  1. Logo Letter Mark

Merupakan logo yang menggunakan inisial huruf baik dengan bentuk maupun teks langsung, bisa juga gabungan inisial dengan bentuk yang melambangkan produk tersebut. Logo Letter Mark dapat kita jumpai pada logo Mc D misalnya.

  1. Logo Emblem

Jika kalian penyuka sepakbola dan sering memperhatikan logo identitas mereka pasti tahu jenis logo emblem ini. Ya, logo emblem merupakan logo yang terdiri dari gabungan bentuk, teks, maupun ornamen lain yang menjadi kesatuan yang khas. Logo ini banyak digunakan pada clun sepak bola, club motor atau sebuah komunitas.

  1. Logo Karakter

Yaitu logo yang menggunakan gambar karakter, misalnya manusia, hewan atau lainnya yang melambangkan produk tersebut. Logo ini bisa kita temukan pada logo KFC yang menggunakan karakter orang.

Lalu, apa hubungannya dengan desain grafis? tentu saja pembuatan logo dilakukan oleh seorang desainer grafis, meski tidak harus. Maka dari itu, seorang desainer grafis harus mengerti karakter, filosofi dan kebutuhan dari sebuah produk saat mendesainnya.